Tamiang Layang (17/6/2019) | PA Tamiang Layang

                Do’a yang dibacakan Tofi’in saat acara pelantikan Kifli menjadi Panitera Muda (Panmud) Gugatan PA Tamla sempat menyita perhatian seluruh tamu undangan yang hadir menyaksikan prosesi tersebut.

                Pada saat prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan Panmud Gugatan PA Tamla yang dilaksanakan di ruang sidang PA Tamla, senin (17/6/2019) do’a yang dibacakan Tofi’in terasa dalam dan mampu membawa seluruh yang hadir tertunduk khusu’ mendengarkan kata demi kata yang dibacakan pria asal Magelang ini.

                Berikut isi lengkap do’a yang dibacakan lulusan UIN Sunan Kalijaga ini :

SEGALA PUJI SERTA SYUKUR TERCURAH KEHADIRAT-MU ATAS SEGALA RAHMAT DAN KARUNIA YANG TELAH ENGKAU LIMPAHKAN KEPADA KAMI , PADA SAAT INI ENGKAU PERTEMUKAN KAMI KEMBALI DALAM ACARA PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN PANITERA MUDA GUGATAN PENGADILAN AGAMA TAMIANG LAYANG. UNTUK ITU YA ALLAH YA RAHMAN YA KARIM, JADIKANLAH ACARA PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN INI SEBAGAI ACARA YANG ENGKAU RIDHAI, YANG MEMBAWA BAROKAH, RAHMAT, TAUFIQ DAN HIDAYAH-MU BAGI KAMI SEMUANYA, DAN BAGI YANG TELAH DILANTIK DAN DIAMBIL SUMPAHNYA PADA HARI INI. 

YA ALLAH YA RABBANA YA KARIM.

KIRANYA MOMENTUM PELANTIKAN INI ENGKAU JADIKAN SEBAGAI PINTU DAN JALAN BAGI TURUNNYA RAHMAT DAN KARUNIAMU ATAS KAMI, SEHINGGA TUGAS YANG MERUPAKAN AMANAH DARI-MU, AKAN DAPAT DILAKSANAKAN DENGAN SEBAIK-BAIKNYA, PENUH TANGGUNGJAWAB SERTA SEMANGAT YANG TINGGI, DEMI TERWUJUDNYA VISI DAN MISI MAHKAMAH AGUNG RI TERWUJUDNYA PERADILAN YANG AGUNG DAN KEMAJUAN DALAM PEMBANGUNAN NEGARA KAMI TERCINTA. 

YA ALLAH, JADIKAN JABATAN INI SEBAGAI SUMBER KETENANGAN BATHIN BAGI KAMI DAN SUMBER SEGALA KEBAJIKAN UNTUK MENCAPAI RIDHOMU. DAN JANGANLAH ENGKAU JADIKAN JABATAN INI YANG MEMBUATKAN KAMI LALAI DAN LENGAH TERHADAP PERINGATAN DAN SERUAN MU.

YA ALLAH YA RAHMAN YA RAHIM DUHAI TUHAN YANG PENUH KASIH DAN SAYANG.
 JADIKANLAH PEJABAT YANG BARU DILANTIK INI, MAMPU MENGEMBAN AMANAT DAN WEWENANG YANG ADA DI TANGANNYA UNTUK MENJADI PELAYAN MASYARAKAT DAN ABDI NEGARA, SUCIKAN HATI DAN NURANI KAMI DARI SIFAT ZHALIM, SEHINGGA DAPAT TERWUJUDNYA PELAYANAN YANG PRIMA BAGI MASYARAKAT. 

YA ALLAH YA HAQ TUHAN YANG MAHA BENAR.

PANCARKANLAH CAHAYA KEBENARAN DI HATI KAMI, PADA PENDENGARAN KAMI, PADA PENGLIHATAN KAMI, PADA LIDAH KAMI, DAN PADA SEMUA RAGA KAMI, AGAR KAMI DAPAT MELIHAT KEBENARAN ITU TAMPAK JELAS BENAR, DAN MAMPU MENGIKUTINYA, SERTA DAPAT MELIHAT YANG SALAH ITU TAMPAK JELAS SALAH, DAN MAMPU MENJAUHINYA 

YA ALLAH TUHAN YANG MAHA MULIA

ANUGERAHKAN KAMI KECERDASAN DALAM BERPIKIR, KESUNGGUHAN DALAM BERKARYA, KEIKHLASAN DALAM BEKERJA DAN KEMUDAHAN DALAM SEGALA URUSAN KAMI AGAR KAMI DAPAT MELAKSANAKAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB KAMI DENGAN BAIK DAN BENAR. 

YA ALLAH YANG MAHA SUCI.

SUCIKANLAH HATI KAMI DARI KEMUNAFIKAN, JAUHKAN AMALAN KAMI DARI RIYA’, BERSIHKAN PERKATAAN KAMI DARI DUSTA, DAN SINGKIRKAN DARI DIRI KAMI, SEGALA NIAT YANG TIDAK TERPUJI, SEGUNGGUHNYALAH ENGKAU MAHA MENGETAHUI APA YANG TERSEMBUNYI DALAM DADA KAMI 

YA ALLAH YA TUHAN YANG MAHA AGUNG

KOKOHKANLAH RASA PERSATUAN DAN KESATUAN DI HATI KAMI, JANGANLAH ENGKAU CERAI BERAIKAN KAMI, HILANGKANLAH RASA DENDAM DAN PERMUSUHAN DI ANTARA KAMI DEMI TERWUJUDNYA KEAKRABAN, PERSAUDARAAN, KERUKUNAN, KEDAMAIAN DAN KETENTARAMAN LAHIR DAN BATHIN. TUNJUKILAH KAMI JALAN YANG LURUS, JALAN ORANG-YANG YANG ENGKAU RIDHOI BUKAN JALAN ORANG-ORANG YANG SESAT DAN ORANG-ORANG YANG ENGKAU MURKAI. 

YA ALLAH, BUKAKANLAH UNTUK KAMI JALAN KELUAR DARI SEGALA KESULITAN, AJARKAN KEPADA KAMI APA YANG BELUM KAMI KETAHUI DAN SEMPUNAKAN SEGALA KEKURANGAN YANG KAMI MILIKI SERTA PENUHILAH SEGALA KEBUTUHAN KAMI. JADIKANLAH KAMI TERMASUK GOLONGAN ORANG YANG SENANTIASA INGAT KEPADAMU, SELALU MENSUKURI NIKMATMU DAN SELALU BERIBADAH DAN MENGABDIKAN DIRI KEPADAMU.(acl)

Unpublished

Palangka Raya || www.pta-palangkaraya.go.id/

 

Selasa15 Mei 2019 Kantor Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah kedatangan Tim Penilai Zona Integritas dari Badan Pengawas Mahkamah Agung Republik Indonesia, Tim Bawas MARI ini direncanakan melakukan pengawasan dan Penilaian Zona INtegritas selama 3 hari yang dimulai dari hari Selasas/d Jumat (14-17) Mei 2019.

selama pemeriksaaan berlangsung oleh Tim Bawas MARI banyak sekali hal-hal yang diperiksa dan diteliti untuk kelengkapan Zona Integritas ini

Sampit | www.pa-sampit.go.id

Kondisi PA Sampit satu bulan terakhir ini belum keluar dari ‘penyakit’nya dari Zona Merah di Sistem Impormasi Penelusuran Perkara (SIPP) membuat Ketua Pengadilan Agama Sampit Norhadi, S.H.I., bertindak cepat  dengan segera mengumpulkan seluruh hakim dan seluruh tim kepaniteraan, honorer dan Tim IT untuk membahas pemecahan dan segera mengobati ‘penyakit’ tersebut di ruang kerja Panitera setelah apel senin tanggal 18 Maret 2019. 

Dari pertemuan tersebut Ketua Pengadilan Agama Sampit sangat serius dan menaruh perhatian besar untuk segera membenahi SIPP. Dan ditargetkan satu minggu kedapan SIPP Pengadilan Agama Sampit keluar dari Zona Merah untuk menuju Zona Kuning, dan syukur-Syukur masuk pada Zona Hijau.

Dari pertemuan tersebut, terungkap bahwa sebenarnya SIPP PA Sampit pada minggu yang lalu sudah bisa masuk zona kuning yaitu dikisaran 51%  namun ketika rilis terakhir pada Jumat 15 Maret 2019 turun menjadi 46 %, ketika ditanya masalah urgen kenapa bisa turun, panitera PA Sampit Frislyasi, S.H.I., menjelaskan kemungkinan salah satunya adalah masuknya beberapa perkara namun tidak diiringi dengan putus, kemudian terkendala masalah klasik yaitu jaringan internet yang lemah ketika menguploud putusan tidak berhasil walaupun sudah dilakukan pada malam hari.

Senada juga ditambahkan oleh Panmud Hukum PA Sampit Dwi Purwatiningsih, S.H. selain masalah diatas, juga ada banyak putusan yang belum terupload di SIPP terutama putusan tahun 2018 dan 2017. Menyikapi hal tersebut Ketua PA Sampit langsung membentuk tim diketuai oleh Panitera PA Sampit dan segera memerintahkan dan membagi tugas kepada seluruh apartur PA Sampit untuk menyelesaikan putusan yang belum teroplud tersebut. Katanya; kalau bisa kerja malam laksanakan dengan sistem shif/bergantian  khusus untuk mengupload putusan pada malam hari. Sedangkan masalah jaringan yang lelet tersebut, dengan kerendahan hati Ketua PA Sampit segera setelah rapat ini KPA Sampit akan langsung turun kelapangan dan menemui pimpinan telkom cab Sampit dengan meminta didampingi oleh Panitera PA Sampit, dan Kasubbag Umum dan Keuangan PA Sampit.

 Selanjutnya setelah rapat ‘tanggap darurat” KPA Sampit dengan ditemani oleh Panitera, Panitera Muda Hukum PA Sampit, Kasubbag Umum dan Keuangan serta Petugas IT langsung meluncur ke kantor Telkom cab Sampit. Dalam pertemuan tersebut KPA Sampit segera mendesak agar jaringan Internet di PA Sampit agar diperhatikan, dan oleh Telkom dalam hal ini Bapak Agus berjanji secepatnya membenahi jaringan internet di PA Sampit. (Nhd)