logo pta5

Wakil Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya Ikuti "Munas IKAHI" Ke XIX

Written by Arrumi on . Posted in Palangka Raya

Written by Arrumi on . Hits: 208Posted in Palangka Raya

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

WAKIL KETUA PENGADILAN AGAMA PALANGKARAYA IKUTI MUNAS IKAHI

 

Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH., MH, membuka secara resmi acara Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) ke XIX di Hotel Inter Continental, Bandung pada Selasa malam (05/11). Acara yang diikuti oleh 209 peserta yang berasal dari Pengurus Pusat IKAHI, Pengurus Daerah, Peninjau serta mantan pimpinan/anggota IKAHI ini mengusung tema “Dengan Semangat Munas ke-XIX, IKAHI Bertekad Mewujudkan Organisasi Modern Untuk Pelayanan Peradilan Berbasis Teknologi Informasi”.

Dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Agung yang juga Ketua Umum Ikahi pada 2010-2012 ini mengatakan bahwa tema Munas IKAHI kali ini selaras dengan berbagai upaya Mahkamah Agung dalam melakukan modernisasi lembaga peradilan. Lebih lanjut, mantan Juru Bicara Mahkamah Agung tersebut mengatakan bahwa sebagai mana diketahui bahwa Mahkamah Agung tidak henti-hentinya menciptakan inovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Pada 16 Juli 2018 Mahkamah Agung telah meluncurkan aplikasi e-court, aplikasi ini merupakan lompatan besar dalam keseluruhan upaya melakukan perubahan administrasi lembaga peradilan. Selanjutnya, pada 19 Agustus 2019 Mahkamah Agung meluncurkan e-litigasi, aplikasi ini membuat praktek peradilan di Indonesia setara dengan praktek peradilan di negara-negara yang telah maju. Aplikasi ini bertahap diterapkan di pengadilan percontohan dan pengadilan-pengadilan lainnya yang sudah siap dari sisi SDM dan infrastruktur pendukung. 

“Untuk itu saya sangat mendukung pemilihan tema IKAHI kali ini,” kata Hatta Ali.

Pada kesempatan yang sama, Mantan Kepala Badan Pengawasan MA tersebut menjelaskan bahwa hakim adalah profesi yang mulia, kemuliaan profesi ini tidak terlepas dari profesionalitas yang melekat pada jabatan hakim. Profesionalitas ini dibangun dari pengetahuan dan pengalaman yang selalu harus diupdate sesuai dengan perkembangan masyarakat. Terkait hal tersebut, Hatta Ali menekankan organisasi IKAHI harus menjadi wadah bagi para hakim untuk selalu meningkatkan profesionalitasnya.

Dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya Dra. Hj. Norhayati, M.H. juga turut hadir sebagai peserta Munas IKAHI ke XIX. 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya

 

Tautan Aplikasi