Pulang Pisau | (16/04)

Perwujudan visi dari Pengadilan Agama Pulang Pisau yang agung semakin menunjukkan eksistensinya. Di usianya yang baru 6 bulan ini, Pengadilan Agama Pulang Pisau telah berupaya untuk semakin mempertegas akan adanya sebuah Pengadilan Agama di Kabupaten Pulang Pisau ini, tak terkecuali tentang sebuah konsep badan peradilan yang modern. Dengan kondisi gedung yang masih berstatus pinjam pakai dari Pemerintah Daerah Pulang Pisau, tidak menyurutkan langkah pimpinan beserta seluruh jajaran Pengadilan Agama Pulang Pisau untuk semakin berekspresi dan berinovasi demi sebuah nama lembaga badan peradilan.

Tidak dapat menutup mata terhadap harapan dari stakeholder dan para pencari keadilan bagi Pengadilan Agama Pulang Pisau, harapan akan nilai keadilan dari sisi normatif dan kenyamanan dalam memberikan pelayanan akan selalu diperhatikan dalam konsep Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Agama Pulang Pisau. Sebuah ruang yang dipersiapkan dengan tetap memperhatikan tatanan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Badilag MA RI Nomor : 1403.b/DJA/SK/OT.01.3/8/2018 tanggal 02 Agustus 2018 tentang Pedoman Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Lingkungan Peradilan Agama. Sebuah ruang pelayanan yang representatif, nyaman dan sejuk telah dipersiapkan sebagai pintu gerbang pelayanan Pengadilan Agama Pulang Pisau saat ini. Konsep ruang minimalis di design menjadi sebuah ruang yang indah dan meriah, banner-banner standar Akreditasi Penjaminan Mutu, mulai dari banner struktur organisasi, tata cara menerima tamu, layanan informasi dan waktu layanan serta budaya kerja sampai dengan banner zona integritas terpampang di ruang PTSP Pengadilan Agama Pulang Pisau.

Sri Roslinda, S.Ag., M.H. Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau, menyampaikan bahwa konsep peradilan yang modern tidak lepas dari sebuah konsep awal yang disuguhkan oleh seluruh jajarannya, sumbangsih saran dan pemikiran dari seluruh pegawai memegang peranan penting terwujudnya Ruang PTSP Pengadilan Agama Pulang Pisau saat ini. "Fasilitas gedung yang tersedia saat ini boleh kecil... tapi cara kita semua untuk berpikir dan berinovasi tidak boleh terkekang oleh kecilnya ruang yang tersedia. Berusahalah untuk bergerak bebas dan berpikir luas untuk sebuah cita-cita yang tinggi demi lembaga ini" pungkas beliau dalam amanat apel Senin pagi (08/04) yang lalu.

Access Door Smart Lock

Konsep peradilan yang modern terlihat dari fasilitas akses pegawai Pengadilan Agama Pulang Pisau yang mengharuskan memiiki ID Card untuk bisa masuk dari ruang PTSP menuju ke area ruang kerja pegawai. Sebuah konsep penggabungan Access Card dan ID Card  diberikan hanya kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Pulang Pisau, dan hak akses itu juga diberikan kepada tamu yang melakukan kunjungan-kunjungan kedinasan terkait dengan kewenangan Pengadilan Agama. Sterilisasi sentuhan dan benturan kepentingan antara pihak pencari keadilan dan pegawai Pengadilan Agama Pulang Pisau akan semakin terjaga dengan fasilitas yang tersedia itu. Menghindari kecurigaan pihak lawan, menjaga penegakan kode etik dan wibawa peradilan, perwujudan kemandirian badan peradilan akan terasa semakin mudah untuk diwujudkan ke depannya bagi Pengadilan Agama Pulang Pisau.

Antrian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)