Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Alqur’an merupakan petunjuk bagi orang-orang yang beriman, oleh karena itu seyogiyanya bagi seorang muslim membaca Alqur’an dan mempelajari isinya. Apalagi Alqur’an diturunkan pada bulan Ramadhan, maka sebab itu membaca dan mengkhatamkan Alqur’an pada bulan Ramadhan ini sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadis-hadisnya.  

Untuk mengaplikasikan hal tersebut PA Pulang Pisau mengadakan program tadarrus Alqur’an yang wajib dilaksanakan oleh seluruh Hakim, Pegawai dan PPNPN PA Pulang Pisau. Metode yang digunakan yaitu dengan membagi 30 juz kepada masing-masing orang, Hakim mendapat jatah 3 juz, pegawai 2 juz dan Honorer 1 Juz.

Selain dari tadarrus Alqur’an kegiatan lainnya adalah adanya pengajaran tahsin (memperbaiki bacaan) Alqur’an setiap hari Rabu. Tidak tanggung-tanggung PA Pulang Pisau mendatangkan Qori kondang Kabupaten Pulang Pisau yaitu Ustadz Ibarhim Shaleh untuk mengajarkan tajwid dengan benar. Dimulai dengan makharijul huruf, tahsin dan ijazah surah Al-Fatihah, serta yang lainnya.

Atas adanya kegiatan ini semua sangat senang dan berharap program ini dapat dilanjutkan meskipun bulan Ramadhan nanti sudah berakhir. Mereka ingin bacaan Alqur’an mereka lebih fasih lagi sesuai ketentuannya.

WKPA Pulang Pisau Sri Roslinda, S. Ag., M.H. sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini, ia menyatakan dengan kegiatan tadarrus dan tahsin Alqur’an ini semoga selain mendapat pahala dari Allah juga semoga isi Alqur’an dapat kita amalkan dalam kehidupan kita sehari-hari sehingga kita dapat menjadi manusia yang diridhai Allah baik lahir maupun bathin, ungkapnya. 

 (Mlyd)