MENYEMPATKAN : Berfoto bersama dengan Wakil Bupati Sukamara (baju dinas putih) sesaat sebelum berpamitan

 

Sukamara | PA. Sukamara (Senin, 29/4)

Mengingat keberadaan Pengadilan Agama Sukamara yang relatif baru yakni baru berusia sekira enam bulanan yang karenanya masih perlu ikhtiyar lebih untuk mensosialiasakan akan kehadirannya di Bumi Gawi Barinjam, karena memang senyatanya masih ada sebagian kecil masyarakat Kota Permata –begitu salah satu julukan populer Kabupaten Sukamara- yang masih belum mengetahui bahwasannya di wilayah kabupatennya telah ada atau hadir lembaga hukum yang bernama Pengadilan Agama Sukamara.

Karena kebaruannya tersebutlah, maka perlu adanya komunikasi, koordinasi, dan jalinan hubungan yang baik dan proposional di antara Pengadilan Agama Sukamara dengan Pemerintahan Kabupaten dan beberapa instansi atau lembaga di mana Pengadilan Agama Sukamara berkedudukan.

Dan berangkat dari motivasi untuk tetap melestarikan komunikasi, koordianasi dan hubungan yang baik tersebut, -memang selama ini sesungguhnya telah terjalin dengan sangat baik, di antara Pengadilan Agama Sukamara dengan Pemerintahan Kabupaten dan beberapa instansi atau lembaga di Kabupaten Sukamara-, maka Tim Binwasda Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah bersilaturrahmi dengan Wakil Bupati Sukamara, H. Ahmadi, S.H.

Tepatnya pada hari Rabu tanggal 24 April 2019 pukul 10.30 Wib, Tim Binwasda PTA Kalimantan Tengah, yang terdiri dari : Drs. H. Ahmad Akhsin, S.H., M.H., Hakim Tinggi PTA Kalimantan Tengah selaku Ketua Tim; Mursidi, S.H., Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian PTA Kalimantan Tengah selaku Anggota Tim dan; Saiful Imron, S.Kom. Pranata Komputer di PTA Kalimantan Tengah selaku Anggota Tim, dengan didampingi oleh Wakil Ketua PA Sukamara (M. Arqom Pamulutan, S.Ag., M.A.), Hakim (Abdul Rahman, S.Ag. & Miftahul Arwani, S.H.I), Panitera (Rahsiannor Syam’ani, S.H.I) dan Sekretaris (Ahmad Mubarrak, S.H.I), bertandang ke Rumah Jabatan Wakil Bupati Sukamara.

Setibanya di Rumah Jabatan Wakil Bupati, Rombongan langsung disambut dengan ramah oleh Wakil Bupati Sukamara, H. Ahmadi, S.H. . Sejurus kemudian Rombongan dan Wakil Bupati yang terkenal lowprofile tersebut bercengkerama dengan hangat di Ruang Tamu Rujab Wakil Bupati.

BENTUK TAKRIIMUDDUYUUF : Perjamuan oleh Wakil Bupati

 

Setelah Wakil Ketua PA Sukamara menyampaikan maksud dan tujuan kehadirannya, lalu Drs. H. Ahmad Akhsin, S.H., M.H. pun menyampaikan ucapan terima kasihnya khususnya kepada Bupati dan Wakil Bupati dan umumnya kepada Pemerintahan Kabupaten Sukamara yang selama ini telah menerima dengan baik kehadiran PA Sukamara dan juga banyak membantu kelangsungan operasional pelayanan PA Sukamara.

 

“Saya mewakili PTA Kalimantan Tengah, Pengadilan Banding yang membawai PA Sukamara sebagai Pengadilan Tingkat Pertama mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintahan Kabupaten Sukamara yang telah menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan PA Sukamara, sehingga PA Sukamara dapat menjalankan tupoksinya sebagai lembaga yudikatifnya nyaris tanpa kendala”, tegas Hakim Tinggi yang berasal dari Kendal Jawa Tengah tersebut.

 

Mendengar ucapan tulus dari Hakim Tinggi tersebut, spontan Wakil Bupati Sukamara membalasnya dengan menyampaikan bahwasannya Pemerintahan Kabupaten Sukamara pun mengucapkan banyak terima kasih dengan hadirnya PA Sukamara di Kota Permata ini, sebab sebelum-sebelumnya bila ada masyarakat Kota Permata yang akan mengurus masalah hukum perdatanya, terpaksa harus melalui atau pergi ke PA Pangkalan Bun, yang tentunya memerlukan energi lebih dan biaya yang lebih pula.

 

“Kami mewakili Pemerintahan Kabupaten Sukamara pun menyampaikan terima kasihnya karena Kabupaten Sukamara telah diperhatikan oleh PTA Kalimantan Tengah sehingga di Kabupaten Sukamara sekarang bisa hadir Pengadilan Agama Sukamara. Tentu dengan hadirnya PA Sukamara, hal tersebut sangat membantu menyelesaikan permasalahan hukum masyarakat muslim kabupaten Sukamara yang kebetulan sedang tersandung masalah hukum perdatanya”, ucap Wakil Bupati yang sibuk pula berkhidmat di bidang keta’miran masjid-masjid tersebut.

 

“Saya pun menyampaikan salam dari Bupati Sukamara, H. Windu Subagio, yang kebetulan hari ini sedang Dinas Luar untuk menghadiri acara Seleksi Tilawatil Qur’an di Palangka Raya”, lanjut Wakil Bupati yang memang sebelum menjabat sebagai Wakil Bupati telah lama berkhidmat di Pemerintahan Kabupaten Sukamara tersebut.

 

Akhirnya, setelah mendirikan shalat dhuhur berjama’ah di Mushalla belakang Rujab Wakil Bupati, Rombongan berpamitan dengan Wakil Bupati untuk kemudian melanjutkan tugas pembinaan dan pengawasan di Pengadilan Agama Sukamara. Semoga, hubungan, komunikasi dan koordinasi di antara Pengadilan Agama Sukamara dan Pemerintahan Kabupaten Sukamara tetap terjalin dengan baik dan proposional, namun hubungan baik tersebut semoga pula tidak kemudian mendegradasi independensi Pengadilan Agama Sukamara dalam melaksanakan tupoksinya sebagai lembaga yudikatif. Amin (arw/jay)