MENYEMPATKAN : Berfoto bersama dengan Wakil Bupati Sukamara (baju dinas putih) sesaat sebelum berpamitan

 

Sukamara | PA. Sukamara (Senin, 29/4)

Mengingat keberadaan Pengadilan Agama Sukamara yang relatif baru yakni baru berusia sekira enam bulanan yang karenanya masih perlu ikhtiyar lebih untuk mensosialiasakan akan kehadirannya di Bumi Gawi Barinjam, karena memang senyatanya masih ada sebagian kecil masyarakat Kota Permata –begitu salah satu julukan populer Kabupaten Sukamara- yang masih belum mengetahui bahwasannya di wilayah kabupatennya telah ada atau hadir lembaga hukum yang bernama Pengadilan Agama Sukamara.

Karena kebaruannya tersebutlah, maka perlu adanya komunikasi, koordinasi, dan jalinan hubungan yang baik dan proposional di antara Pengadilan Agama Sukamara dengan Pemerintahan Kabupaten dan beberapa instansi atau lembaga di mana Pengadilan Agama Sukamara berkedudukan.

Dan berangkat dari motivasi untuk tetap melestarikan komunikasi, koordianasi dan hubungan yang baik tersebut, -memang selama ini sesungguhnya telah terjalin dengan sangat baik, di antara Pengadilan Agama Sukamara dengan Pemerintahan Kabupaten dan beberapa instansi atau lembaga di Kabupaten Sukamara-, maka Tim Binwasda Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah bersilaturrahmi dengan Wakil Bupati Sukamara, H. Ahmadi, S.H.

Tepatnya pada hari Rabu tanggal 24 April 2019 pukul 10.30 Wib, Tim Binwasda PTA Kalimantan Tengah, yang terdiri dari : Drs. H. Ahmad Akhsin, S.H., M.H., Hakim Tinggi PTA Kalimantan Tengah selaku Ketua Tim; Mursidi, S.H., Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian PTA Kalimantan Tengah selaku Anggota Tim dan; Saiful Imron, S.Kom. Pranata Komputer di PTA Kalimantan Tengah selaku Anggota Tim, dengan didampingi oleh Wakil Ketua PA Sukamara (M. Arqom Pamulutan, S.Ag., M.A.), Hakim (Abdul Rahman, S.Ag. & Miftahul Arwani, S.H.I), Panitera (Rahsiannor Syam’ani, S.H.I) dan Sekretaris (Ahmad Mubarrak, S.H.I), bertandang ke Rumah Jabatan Wakil Bupati Sukamara.

Setibanya di Rumah Jabatan Wakil Bupati, Rombongan langsung disambut dengan ramah oleh Wakil Bupati Sukamara, H. Ahmadi, S.H. . Sejurus kemudian Rombongan dan Wakil Bupati yang terkenal lowprofile tersebut bercengkerama dengan hangat di Ruang Tamu Rujab Wakil Bupati.

BENTUK TAKRIIMUDDUYUUF : Perjamuan oleh Wakil Bupati

 

Setelah Wakil Ketua PA Sukamara menyampaikan maksud dan tujuan kehadirannya, lalu Drs. H. Ahmad Akhsin, S.H., M.H. pun menyampaikan ucapan terima kasihnya khususnya kepada Bupati dan Wakil Bupati dan umumnya kepada Pemerintahan Kabupaten Sukamara yang selama ini telah menerima dengan baik kehadiran PA Sukamara dan juga banyak membantu kelangsungan operasional pelayanan PA Sukamara.

 

“Saya mewakili PTA Kalimantan Tengah, Pengadilan Banding yang membawai PA Sukamara sebagai Pengadilan Tingkat Pertama mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintahan Kabupaten Sukamara yang telah menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan PA Sukamara, sehingga PA Sukamara dapat menjalankan tupoksinya sebagai lembaga yudikatifnya nyaris tanpa kendala”, tegas Hakim Tinggi yang berasal dari Kendal Jawa Tengah tersebut.

 

Mendengar ucapan tulus dari Hakim Tinggi tersebut, spontan Wakil Bupati Sukamara membalasnya dengan menyampaikan bahwasannya Pemerintahan Kabupaten Sukamara pun mengucapkan banyak terima kasih dengan hadirnya PA Sukamara di Kota Permata ini, sebab sebelum-sebelumnya bila ada masyarakat Kota Permata yang akan mengurus masalah hukum perdatanya, terpaksa harus melalui atau pergi ke PA Pangkalan Bun, yang tentunya memerlukan energi lebih dan biaya yang lebih pula.

 

“Kami mewakili Pemerintahan Kabupaten Sukamara pun menyampaikan terima kasihnya karena Kabupaten Sukamara telah diperhatikan oleh PTA Kalimantan Tengah sehingga di Kabupaten Sukamara sekarang bisa hadir Pengadilan Agama Sukamara. Tentu dengan hadirnya PA Sukamara, hal tersebut sangat membantu menyelesaikan permasalahan hukum masyarakat muslim kabupaten Sukamara yang kebetulan sedang tersandung masalah hukum perdatanya”, ucap Wakil Bupati yang sibuk pula berkhidmat di bidang keta’miran masjid-masjid tersebut.

 

“Saya pun menyampaikan salam dari Bupati Sukamara, H. Windu Subagio, yang kebetulan hari ini sedang Dinas Luar untuk menghadiri acara Seleksi Tilawatil Qur’an di Palangka Raya”, lanjut Wakil Bupati yang memang sebelum menjabat sebagai Wakil Bupati telah lama berkhidmat di Pemerintahan Kabupaten Sukamara tersebut.

 

Akhirnya, setelah mendirikan shalat dhuhur berjama’ah di Mushalla belakang Rujab Wakil Bupati, Rombongan berpamitan dengan Wakil Bupati untuk kemudian melanjutkan tugas pembinaan dan pengawasan di Pengadilan Agama Sukamara. Semoga, hubungan, komunikasi dan koordinasi di antara Pengadilan Agama Sukamara dan Pemerintahan Kabupaten Sukamara tetap terjalin dengan baik dan proposional, namun hubungan baik tersebut semoga pula tidak kemudian mendegradasi independensi Pengadilan Agama Sukamara dalam melaksanakan tupoksinya sebagai lembaga yudikatif. Amin (arw/jay)

 

 

 

 

Tim Wasbinda PTA Kalimantan Tengah menyempatkan diri berfoto di atas Tanah Hibah

untuk Pembangunan Gedung Kantor Pengadilan Agama Sukamara

 

Sukamara | PA. Sukamara (Senin, 29/4)

Kerap kali Pengadilan itu berkedudukan jauh setelah berdirinya Pemerintahan Kota/Kabupaten di mana Pengadilan itu sendiri berkedudukan, sehingga terkadang secara letak, Pengadilan tersebut sebagai lembaga yudikatif tidak berkedudukan di tempat atau tata letak yang seharusnya berada sebagai salah satu pilar demokrasi selain lembaga eksekutif dan legislatif.

Menyadari akan hal itu, Pengadilan Agama Sukamara yang secara umur berkedudukan masih sekira enam bulan, sementara Pemerintahan Kabupaten Sukamara sendiri telah berdiri atau berkedudukan sejak bulan April tahun 2002 lalu atau sekira tujuh belas tahun yang lalu, melakukan komunikasi dan koordinasi yang intens dengan Pemerintahan Kabupaten Sukamara dalam menyiapkan lahan yang representatif untuk pembangunan Gedung Kantor Pengadilan Agama Sukamara.

Setelah sebulan sebelumnya menjalin komunikasi dan koordinasi, pilihan jatuh pada lahan kosong yang terletak di Jalan Tjilik Riwut KM. 7 Sukamara dengan luas 7.750 M² (Lebar 40/60 Panjang 150/160) yang mana tanah tersebut sungguh terletak ditempat yang sangat strategis, yakni di depan Kantor Bupati Sukamara, sebelah kanannya berjejer Kantor Satuan Manunggal Satu Atap (Samsat), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukamara dan Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sukamara, dan sebelah kirinya Kantor Kejaksaan Negeri Sukamara dan Polres Sukamara, sementara dibelakangnya adalah Perumahan Polres Sukamara.

Dan bak gayung bersambut, proses Hibah Tanah untuk pembangunan Gedung Kantor Pengadilan Agama Sukamara tersebut berjalan dengan lancar. Di mana pada tanggal 21 Januari 2019 lalu Naskah Perjanjian Hibah dan Berita Acara Serah Terima atas Tanah Hibah di atas rampung, setelah sebelumnya empat hari pasca Peresmian Operasional Pelayanan Pengadilan Agama Sukamara, yakni pada tanggal 30 November 2018 Pengadilan Agama Sukamara mengajukan Surat Permohonan Hibah Tanah (selengkapnya baca http://www.pa-sukamara.go.id/seputar-peradilan/269-sah-pengadilan-agama-sukamara-dapat-hibah-tanah-untuk-pembangunan-gedung-kantor dan http://www.pa-sukamara.go.id/seputar-peradilan/283-serah-terima-hibah-tanah).

 

Hakim Tinggi (Drs. H. Ahmad Akhsin, S.H., M.H.) & Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian PTA Kalimantan Tengah (Mursidi, S.H.) saat meninjau langsung Lokasi Tanah Hibah

Terhadap lokasi Tanah Hibah dari Pemerintahan Kabupaten Sukamara tersebut yang memang ke depannya -syukur-syukur dalam waktu dekat- akan dibangun Gedung Kantor Pengadilan Agama Sukamara, Tim Wasbinda PTA Kalimantan Tengah (Drs. H. Ahmad Akhsin, S.H., M.H., Hakim Tinggi PTA Kalimantan Tengah selaku Ketua Tim; Mursidi, S.H., Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian PTA Kalimantan Tengah selaku Anggota Tim dan; Saiful Imron, S.Kom. Pranata Komputer di PTA Kalimantan Tengah selaku Anggota Tim) menyatakan dukungannya dengan jelas.

Dukungan tersebut terungkap saat Tim Wasbinda PTA Kalimantan Tengah melakukan peninjauan lokasi di Tanah Hibah tersebut, sesaat setelah undur dari kunjungannya dengan Wakil Bupati Sukamara (H. Ahmadi, S.H.) di Rumah Jabatan Wakil Bupati Sukamara, yang memang secara arah menunju kantor sementara Pengadilan Agama Sukamara terlintasi.

“Kalau di sini tempatnya sungguh bagus sekali, strategis bahkan. Tentu kami sangat mendukung untuk dibangunnya Gedung Kantor Pengadilan Agama Sukamara di atasnya”, ucap Drs. H. Ahmad Akhsin, S.H., M.H. tidak lama setibanya di lokasi tanah hibah.

Sementara Mursidi, S.H., selaku Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian PTA Kalimantan Tengah pun tidak ketinggalan mengungkapkan dukungannya untuk pembangunan Gedung Kantor Pengadilan Agama Sukamara di atas Tanah Hibah tersebut, seraya menginstruksikan kepada Sekretaris Pengadilan Agama Sukamara untuk selalu mengawal angaran (DIPA) pembangunannya. 

“Bagus ini, benar-benar berada di lokasi pusat perkantoran Pemerintahan Kabupaten”, ucapnya dengan bangga.

Mengingat, progresnya sekarang telah sampai pada atau sedang dalam proses pengurusan penerbitan sertifikat atas Tanah Hibah tersebut di Kantor Pertanahan Kabupaten Sukamara, maka tentu PA Sukamara berharap nantinya semuanya berjalan sesuai rencana dan endingnya di tengah-tengah Komplek Perkantoran Kabupaten Sukamara akan berdiri gedung megah yang berstandar Mahkamah Agung RI. Amin (arw)

Tampak Wakil Ketua PA Sukamara sedang memberikan sambutannya

 

Sukamara | PA. Sukamara (Senin, 29/4).

http://pa-sukamara.go.id/

Pada hari Selasa tanggal 23 April 2019  Pengadilan Agama Sukamara menerima kunjungan Perdana Tim Pembinaan dan Pengawasan dari  Hakim Tinggi Pembinaan dan Pengawasan Daerah (HATIBINWASDA) Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Kalimatan Tengah. Kegiatan rutin tersebut merupakan  agenda kerja tahunan (yakni dua kali dalam setahun) Pengadilan Tingkat Banding dalam rangka melaksanakan fungsinya di bidang Pembinaan dan Pengawasan terhadap Pengadilan yang berada di bawahnya. Pembinaan dan Pengawasan tersebut merupakan kesempatan untuk memberikan masukan-masukan penting, memonitoring dan/atau evaluasi kinerja demi kemajuan Pengadilan Agama (PA) Sukamara sebagai satuan kerja di bawahnya.

Rombongan Tim Hatibinwasda yang ditunjuk untuk melaksanakan pembinaan dan pengawasan ke PA Sukamara sebagaimana Surat Tugas yang ditanda tangani oleh Ketua PTA Kalimantan Tengah Nomor Surat W16-A/480/KP.04.6/III/2019 Tanggal 22 April 2019 adalah : Drs. H. Ahmad Akhsin, S.H., M.H., Hakim Tinggi PTA Kalimantan Tengah selaku Ketua Tim; Mursidi, S.H., Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian PTA Kalimantan Tengah selaku Anggota Tim dan; Saiful Imron, S.Kom. Pranata Komputer di PTA Kalimantan Tengah selaku Anggota Tim.

Kedatangan Tim Pembinaan dan Pengawasan disambut langsung oleh Ketua PA  Sukamara M.Arqom Pamulutan,S.Ag.,M.A., Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, dan Seluruh Pegawai PA Sukamara. Setelah Tim diajak untuk berkenalan dengan seluruh anggota keluarga besar PA Sukamara, lalu Tim meninjau dan melihat-melihat kondisi ruangan PA Sukamara.

Mengingat PA Sukamara sebagai pengadilan yang beroperasi belum genap setengah tahun, maka sungguh PA Sukamara sangat menyambut positif kegiatan pembinaan dan pengawasan ini.  Pembinaan dan Pengawasan tersebut merupakan kesempatan emas untuk mendapatkan masukan-masukan atas manajemen tata kelola organisasi yang baik demi tercapainya Visi- Misi PA Sukamara. Meski sebagai Pengadilan baru dengan infrastruktur terbatas, akan tetapi mesti dituntut mengejar ketertinggalan dari Pengadilan-Pengadilan yang sudah lama beroperasi. Kegiatan ini menjadi motivasi yang kuat bagi Pengadilan Agama Sukamara untuk mencapai target kinerja yang diharapkan guna menyongsong Pengadilan dengan kualitas pelayanan yang baik, penerapan maksimal Zona Integritas dan peningkatan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di PA Sukamara guna tercapainya kepuasan pelayanan kepada masyarakat pencarikeadilan.

 

Binwasda oleh Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian ( Mursidi, S.H. ) di Bagian Kesekretariatan

 

Binwasda oleh Hakim Tinggi PTA Kalimantan Tengah ( Drs. H. Ahmad Akhsin, S.H., M.H.) terhadap berkas-berkas perkara

 

 

Binwasda oleh Pranata Komputer ( Saiful Imron, S.Kom. ) di Bagian Kepaniteraan

 

Setelah shalat Ashar, bertempat di Ruang Sidang Utama, usai melaksanakan pengawasan di unit-unit kerja yang  ada di PA Sukamara,  Tim  Hatibinwasda melakukan ekspos sekaligus pembinaan yang diikuti oleh seluruh Aparatur PA Sukamara.

Pada kesempatan pertama, ekspos disampaikan oleh Sdr. Saiful Imron,S.Kom. yang menyampaikan hasil pengawasannya di Bagian Kepaniteraan, di mana ia menyatakan meski PA Sukamara masih seumuran jagung, namun ia menilai PA Sukamara sudah mampu mencapai target-target pencapaian. Memang di Bagian Kepaniteraan ada beberapa hal yang menjadi temuan, seperti halnya manajemen perkara, baik secara fisik maupun elektronik yang mengacu pada SIPP. “70% (tujuh puluh persen) PA Sukamara sudah bagus”, tegasnya singkat saat mengawali eksposenya.

Dalam kesempatan ekpose kedua yang berlangsung dalam kondisi sangat cair dan suasana kekeluargaan tersebut, Mursidi, S.H. yang betugas untuk melakukan pembinaan dan pengawasaan di Bagian Kesekretariatan menekankan untuk tidak menginterpretasikan kegiatan ini layaknya pemeriksaan, sebab  jika menggunakan istilah pemeriksaan maka akan tendensius, ada pemeriksa dan ada terperiksa. Namun seyogyanya kegiatan pengawasan dan pembinaan ini dipahami sebagai fungsi PTA Kalimantan Tengah yang memang memiliki fungsi dan atau kewajiban pembinaan dan pengawasan terhadap satker-satker yang berada dalam wilayahnya.

Kita memberikan apresiasi yang sangat besar kepada PA Sukamara, sebab  meskipun tergolong Pengadilan baru akan tetapi mampu berjalan dengan baik. Kesolidan dan kekompakan Tim sangat ok”, puji Kabag yang murah senyum tersebut.

“Meski masih mendapati temuan-temuan penting dibidang Administrasi, Pengelolaan  APS dan SIKEP serta Administrasi Kepegawaian, namun secara umum penilaian saya sudah baik“,  lanjutnya.

Tampak Hakim Tinggi Pengawas (Drs. H. Ahmad Akhsin, S.H., M.H.) sedang menyampaikan hasil pengawasannya

Pada kesempatan terakhir menyampaikan hasil pengawasannya, Ketua Tim, Drs. H. Ahmad Akhsin, S.H., M.H. yang tampak konsentrasi pengawasannya terhadap berkas-berkas perkara menyatakan bahwasannya masih didapati beberapa temuan terkait ketepatan penulisan, penempatan penulisan renvoi, penggunaan atau pemilihan kosakata dan sejenisnya, semisal : masih terdapat Panitera tertulis Panitera Pengganti; belum ada kata hadir atau datang dalam keterangan kehadiran para pihak dalam BAS namun hanya tertulis menghadap; masih menggunakan kata “biaya proses” yang seharusnya memakai kata “ATK atau ATK Perkara.“Saya puas”, tegas Hakim Tinggi yang kalem tersebut dengan singkat saat menggambarkan hasil pengawasannya terhadap Berita Acara Sidang (BAS) dan Putusan/Penetapan PA Sukamara.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua PA Sukamara, M. Arqom Pamulutan, S.Ag., M.A. menyampaikan bahwasannya meski untuk sementara infrastruktur yang dimiliki oleh PA Sukamara terbatas dan banyak jabatan yang masih kosong, semisal Kasubbag Kepegawaian dan Ortala, Kasubbag Perencanaan dan IT, Panmud Gugatan, Panmud Permohonan, akan tetapi hal tersebut tidak mematahkan semangat kami untuk mencapai standar kerja yang ditentukan oleh Badilag Mahkamah Agung.

“Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran Tim Pembinaan dan Pengawasan PTA Kalimantan Tengah. Kami akan menganggap adanya temuan-temuan dari Tim Pembinaan dan Pengawasan sebagai bentuk masukan-masukan guna mengevaluasi dan meningkatkan kinerja maupun kualitas Pelayanan di PA Sukamara”, lanjut Wakil  Ketua PA Sukamara.