PA.KUALAPEMBUANG. “Tak kenal maka tak sayang” kalau dipikir-pikir ada benarnya juga, bagaimana mungkin kita bisa bertegur sapa kalau kenal saja tidak ! Karenanya momentum ramadhan adalah saat yang tepat untuk saling berbagi dan menjalin silaturrahim dengan buka puasa bersama keluarga besar Pengadilan Agama Kuala Pembuang. Kegiatan buka puasa bersama di Pengadilan Agama Kuala Pembuang tersebut dilakukan untuk mempererat tali persaudaraan dan kekeluargaan di antara semua karyawan (i) yang ada. Sekedar untuk diketahui bahwa Ramadhan 1440 H Pengadilan Agama Kuala Pembuang telah mengagendakan 2 (dua) kali buka puasa bersama yang dilaksanakan pada minggu pertama dan keempat di bulan suci  Ramadhan ini. (kamis, 09/05/2019)

 

Nampak Wakil Ketua PA Kuala Pembuang memberikan sambutan sesaat sebelum buka puasa bersama

 

Dalam kegiatan buka puasa bersama tersebut ada beberapa agenda yang dilakukan, antara lain : 1). Pembacaan surat Yaasiin, 2). Tausyiah sekitar Ramadhan 3). Buka Puasa bersama 4). Shalat Maghrib dan Isya berjamaa kemudian dilanjutkan dengan shalat tarawih secara bersama-sama seluruh pegawai dan keluarga besar Pengadilan Kuala Pembuang. Dalam tausyiahnya Abdul Hamid, S.H.I Hakim Pengadilan Agam Kuala Pembuang mengungkapkan bahwa Ramadhan yang kita kerjakan adalah sebagai ajang kompetisi untuk meraih predikat taqwa. Menurut mantan hakim PA Tanah Grogot tersebut bahwa setiap kompetisi selalu melahirkan seorang  “Pemenang”, namun begitu pemenang dalam Ramadhan adalah mereka yang benar-benar bisa mengisi momentum bulan penuh berkah ini dengan amal kebajikan. Imbuhnya.   

 

Nampak para Pegawai PA Kuala Pembuang saat mengikuti kegiatan buka puasa bersama

Lebih lanjut Abdul Hamid mengungkapkan bahwa andai saja rahmat yang diturunkan kepada hamba-hambanya di bulan Ramadhan ini diperlihatkan oleh Allah, niscaya kita akan melihat rahmat yang turun itu bak daun-daun yang berguguran. Kesempatan untuk bisa kembali bertemu dengan bulan Ramadhan adalah sebuah anugerah besar untuk kita. Tidak heran para Sahabat Nabi SAW senantiasa melantunkan doa-doa setelah Ramadhan untuk bisa kembali bertemu dengan Ramadhan di tahun-tahun berikutnya. Jangan sampai Ramadhan berlalu begitu saja, mari kita isi bulan penuh ampunan dengan memperbanyak membaca Al-qur’an, shalat malam, bersedekah dan amaliah lainnya. Sebagaimana hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Muslim : Setiap amalan kebaikan manusia akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat ganjaran, hingga sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman, “Kecuali puasa.  Pahala puasa adalah untuk-Ku. Dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Ia telah meninggalkan syahwat dan makannya karena-Ku.”    

Nampak Panmud Hukum PA Kuala Pembuang membacakan doa sesaat sebelum  buka puasa bersama

Dalam Sambutannnya Roni Fahmi, S.Ag.,M.A selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Kuala Pembuang menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada segenap karyawan-karyawati beserta keluarga yang berkesempatan hadir dalam kegiatan buka puasa bersama ini, semoga kegiatan ini bisa memperkokoh tali silaturrahmi keluarga besar Pengadilan Agama Kuala Pembuang. (Redaksi/IT).