Sejak dioperasionalkannya Pengadilan Agama Nanga Bulik pada tanggal 26 Oktober 2018, seluruh personel PA Nanga Bulik telah mulai berbenah dan menyusun beberapa program kerja. Diantara program kerja yang menjadi prioritas utama adalah pelaksanaan tes tenaga honorer. Tenaga honorer yang diperlukan dan dialokasikandalam anggaran DIPA tahun 2018 adalah sebanyak 3 orang dengan posisiSecurity (satpam), Driver (sopir) dan Cleaning Service (Tenaga Kebersihan).

            Ditunjuk sebagai ketua panitia pelaksana adalah bapak Firman Wahyudi, S.H.I, M.H. dengan anggota tim sebanyak 3 orang. Pelaksanaan tes dilaksanakan pada hari rabu tanggal 07 Nopember 2018 dengan diikuti sebanyak 6 peserta. Sebelumnya panitia telah menyeleksi berkas pelamar yang masuk sebanyak 7 orang dengan posisi 1 orang security, 3 orang driver dan 3 orang cleaning service. Namun dalam pelaksanaannya tes hanya diikuti oleh 6 orang peserta dan 1 orang tidak bisa hadir.

            Adapun materi tes terdiri dari 2 bidang yaitu tes komputer dan tes wawancara. Pada tahapan pertama peserta mengikuti tes komputer dan praktik menulis register dengan durasi waktu yang telah ditetapkan panitia yaitu sebanyak 15 menit. Setelah tahapan pertama selesai, peserta selanjutnya mengikuti tahapan wawancara. Dalam tahapan ini, wawancara mencakup tiga bidang yaitu pengetahuan umum, kompetensi dan integritas. Bertugas sebagai penguji yaitu Bapak Firman Wahyudi, S.H.I, M.H, (Hakim), bapak Saiful Rahman, S.H.I, M.H (Hakim) dan Bapak H. Taberani, SH.(Panitera).

            Dari keseluruhan rangkaian pelaksanaan tes, panitia meluluskan 2 orang peserta untuk dijadikan sebagai tenaga honorer Pengadilan Agama Nanga Bulik yaitu Indah Eliyana dengan skor tertinggi sebanyak 728 dengan posisi sebagai Cleaning Service dan Herry Apriansyah dengan nilai 722 sebagai driver.

Dengan adanya pelaksanaan tes tenaga honorer ini diharapkan akan menghasilkan SDM-SDM yang berkualitas demi kelancaran pelaksanaan tupoksi Pengadilan Agama Nanga Bulik ke depan dan sesuai dengan asas Peradilan modern diantaranya mewujudkan akses Keterbukaan Informasi Publik (KIP).(Tim IT-Firman).

 

Rabu, 31 Oktober 2018 pimpinan Pengadilan Agama Nanga Bulik beserta para hakim menggelar acara silaturahmi dengan Bupati Lamandau Bapak H. Hendra Lesmana. Pertemuan yang digelar di kantor Bupati Jalan Bukit Hibul Pusat Perkantoran Pemda merupakan pertemuan perdana dalam rangka memperkenalkan eksistensi Pengadilan Agama Nanga Bulik di wilayah Kabupaten Lamandau. Dalam pertemuan tersebut Bupati menyambut baik kehadiran Pengadilan Agama Nanga Bulik di Wilayah yang dia pimpin.

      “Selama ini masyarakat muslim Kabupaten Lamandau yang berperkara harus mengajukan perkaranya ke Pengadilan Agama Pangkalanbun dalam jarak tempuh ratusan kilo dan dengan biaya yang cukup mahal. Dengan kehadiran Pengadilan Agama Nanga Bulik diharapkan masyarakat terbantu dalam menyelesaikan persoalan hukumnya”. Tutur Bupati yang merupakan putera kelahiran Kumai ini.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua Pengadilan Agama Nanga Bulik, Hairil Anwar, menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah yang telah memfasilitasi dengan meminjamkan Gedung serta sarana dan prasarana lainnya kepada Pengadilan Agamauntuk menunjang pelayanan berperkara karena sebelumnya pihak Pemda telah menyiapkan aula BAPPEDA sebagai kantor sementara Pengadilan Agama Nanga Bulik yang beralamat di Jalan Bukit Hibul Timur pusat perkantoran Pemda Kab. Lamandau sedangkan untuk lahannya telahdisediakan oleh pihak Pemda seluas 1,5 Ha,yang berlamat di Jalan porosTrans Kalimantan dan proses hibahnya akan ditindaklanjuti secepat mungkin.Disamping itu, pihak Pemerintah Daerah juga berjanji akan memberikan tambahan eks honorer untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tupoksi Pengadilan Agama Nanga Bulik dalam memberikan pelayanan prima kepada pencari keadilan.

Diakhir pertemuan Bupati berharap agar Pemerintah Daerah dan Pengadilan Agama Nanga Bulik dapat saling bersinergi menjaga hubungan yang tetap harmonis dan saling melengkapi untuk kemajuan bersama khususnya kabupaten Lamandau(Tim IT/Firman).

Semenjak dilantik pada hari jumat 26 Oktober 2018, seluruh personel Pengadilan Agama Nanga Bulik merapatkan barisan dalam rangka pembenahan seluruh infrastruktur, mulai dari penyusunan program kerja, pemenuhan sarana prasana hingga persiapan pelayanan prima. Selasa 30 Oktober 2018, seluruh squad berkumpul di kantor Pengadilan Agama Nanga Bulik dengan menggelar rapat perdana membicarakan hal-hal yang urgen. Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua, Bapak Hairil Anwar, S. Ag dan dimoderatori oleh Sekretaris bapak Nasrullah, SE.

Read more: RAPAT PERDANA PA NANGA BULIK