www.pa-buntok.go.id | Senin, 12 Maret 2018, Ketua PA Buntok, Afrizal, S.Ag., M.Ag. turut menghadiri peresmian penerbangan perdana Susi Air oleh Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri di Bandara Sanggu, Buntok, untuk rute Buntok-Banjarmasin (PP).

“Luar biasa! Excellent”. Itulah penggalan kalimat pertama yang dilontarkan Ketua PA Buntok ketika dimintai penilaiannya oleh awak redaktur PA Buntok atas seremonial peresmian penerbangan perdana Susi Air tersebut, berikut segala sarana dan prasarana penunjang di Bandara Sanggu, Buntok.

Lebih jauh Ketua PA Buntok mendeskripsikan bagaimana antusiasme pemerintah daerah dan masyarakat Barito Selatan menyambut rute penerbangan yang baru saja diresmikan tersebut, karena jarak tempuh Buntok-Banjarmasin yang tadinya ditempuh dalam durasi 8-9 jam via transportasi darat, dengan adanya rute penerbagan ini, dapat dipangkas menjadi 55 menit saja.

Ketua PA Buntok juga mengingatkan, adanya rute penerbangan ini tidak hanya memberikan dampak signifikan untuk sektor perekonomian, budaya, dan pariwisata di daerah Buntok, tapi juga akan berimplikasi tidak langsung kepada kinerja aparatur Pengadilan Agama Buntok. “Dengan dibukanya rute penerbangan ini, akses dan percepatan pembangunan di Kabupaten Barito Selatan akan berkembang dengan cepat. Pengadilan Agama Buntok harus siap menjawab tantangan percepatan ini” Sidin berestimasi. (TIM IT PA Buntok).