Pada hari Senin tanggal 21 Mei 2018, Pengadilan Agama Buntok melaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional Ke-110 Tahun 2018. Bertempat di halaman Pengadilan Agama Buntok, upacara ini diikuti oleh seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Agama Buntok, upacara ini dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.

Sesuai dengan arahan Sekretaris Mahkmah Agung RI, upacara ini merupakan kegiatan yang bersifat nasional yang wajib dilaksanakan oleh semua badan peradilan yang ada di bawah Mahkamah Agung RI, dengan tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital”.

Ketua Pengadilan Agama Buntok, Bapak Afrizal, S.Ag., M.Ag. dalam amanahnya menyampaikan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara, bahwa sesuai Butir Kelima Nawacita Kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berisi visi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan, melalui pembangunan manusia yang terampil dan terdidik untuk meningatkan daya saing ekonomi dan simultan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia.

Lebih lanjut, dalam amanah tersebut juga disampaikan bahwa peringatan hari kebangkitan nasional, 20 Mei 2018 ini harus dimaknai sebagai upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri.

Upacara tersebut diakhiri dengan pembacaan do’a oleh Bapak Danu Aprilianto, SHI., MH, Panitiera Pengganti Pengadilan Agama Buntok, kemudian dilanjutkan berjabat tangan antar hakim dan pegawai di seluruh pengadilan dengan harapan agar peringatan kebangkitan nasional menjadi momentum peningkatan kualitas hidup manusia, terlebih ini dilakukan pada bulan Ramadhan. (Oleh Susanto)

Pada hari Jumat, 18 Mei 2018 dilakukan rapat pembentukan panitia buka puasa bersama di ruang panitera  Pengadilan Agama Buntok. Rapat ini merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi internal yang telah dilakukan pada hari Rabu sebelumnya. Buka puasa bersama ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh keluarga Pengadilan Agama Buntok setiap tahun.

Bapak Saiful Rahman, SHI., MH., selaku ketua panitia memimpin jalannya rapat tersebut. Mengawali rapat, Bapak Saiful Rahman menyampaikan bahwa agenda buka puasa bersama yang dilakukan oleh Pengadilan Agama Buntok merupakan buka puasa bersama dengan Pemerintah Daerah Barito Selatan. Pada rapat tersebut dibentuk struktur panitia buka puasa bersama yang melibatkan semua hakim dan pegawai yang ada di Pengadilan Agama Buntok.

“Buka puasa bersama ini seperti buka puasa pada Bulan Ramadhan tahun kemarin yang dilakukan oleh keluarga Pengadilan Agama Buntok bersama-sama dengan pemerintah daerah Barito selatan. Kemudian tujuan dilakukannya rapat pada kali ini adalah untuk membentuk kepanitiaan dalam rangka buka puasa bersama Ramadhan 1439 H dengan melibatkan seluruh jajaran hakim dan pegawai yang ada” demikian diungkapkan Ketua Panitia, Saiful Rahman, SHI., MH.

Di dalam rapat tersebut ditetapkan susunan panitia yang terdiri dari penanggung jawab/penasihat, ketua panitia, sekretaris, bendahara, dan empat (4) seksi yaitu, seksi acara, seksi konsumsi, seksi perlengkapan & dekorasi, seksi keamanan, dan seksi dokumentasi & publikasi serta personil-personil  untuk mengisi susunan panitia tersebut.

Di dalam rapat tersebut juga dijelaskan tugas tiap-tiap seksi yang ada agar pembagian tugas berjalan dengan baik dan rasa kebersamaan antarpegawai tetap solid. Sebelum mengakhiri rapat tersebut, Bapak Saiful Rahman, SHI., MH. meminta semua pihak bekerja sama dalam acara buka puasa bersama ini .

“Demikian rapat perdana buka puasa bersama pada pagi hari ini, semoga teman-teman semua yang telah ditunjuk sebagai panitia dapat bekerja satu sama lain demi kelancaran kita semua” tambahnya. (by Susanto)

 

www.pa-buntok.go.id | Pengadilan Agama Buntok Menggelar rapat koordinasi internal  dalam rangka untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1439 H,  rapat koordinasi tersebut diikuti oleh semua pejabat struktural, pejabat fungsional, para hakim, calon hakim serta seluruh staf dan karyawan Pengadilan Agama Buntok. (16/5/18)

Rapat koordinasi internal tersebut bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Agama Buntok, yang dimulai pada pukul 08:00 Wib dan selesai pada pukul 09:00 Wib, rapat tersebut dibuka oleh bapak Ahmad Syahida., S.HI selaku Plt. Sekretaris Pengadilan Agama Buntok dan dipimpin langsung  oleh Ketua Pengadilan Agama Buntok yaitu Bapak Afrizal S.Ag., M.Ag.

Agenda dalam rapat koordinasi tersebut adalah untuk membahas kegiatan Pengadilan Agama Buntok pada saat bulan suci ramadhan, serta untuk memastikan dan berkomitmen bersama bahwa pelayanan yang ada di Pengadilan Agama Buntok selama Bulan Suci ramadhan tidak  terganggu, dan berjalan seperti biasa.

“Rapat pada kali ini untuk membahas kegiatan pada saat bulan suci ramadhan dan juga membahas jam kerja pada saat bulan suci ramadhan, serta agenda evaluasi dari Bapak Ketua Pengadilan Agama Buntok” Ujar Pak Syahida disela-sela sambutannya.

Dalam arahannya Bapak Ketua Pengadilan Agama Buntok menyampaikan dan menekankan bahwa seluruh warga Pengadilan Agama Buntok harus berkomitmen bersama, walaupun besok sudah masuk bulan suci ramadhan, tetapi perlu diperhatikan pelayanan yang ada di Pengadilan Agama Buntok harus  tetap berjalan dan harus dijalankan secara maksimal, tidak ada alasan karena puasa sehingga pelayanan Publik kualitasnya turun.

“Mari bersama-sama kita berkomitmen untuk tetap melayani masyarakat dengan prima dan maksimal, walaupun kita berpuasa. Kalau bisa mari kita tingkatkan pelayanan pada saat bulan suci ramadhan, karena kita dibatasi oleh waktu kerja yang ada dispensasi dari pemerintah” Jelas Ketua Pengadilan Agama Buntok.

Selain itu, Bapak Ketua Pengadilan Agama Buntok juga menghimbau ke pada seluruh masyarakat agar tetap datang ke kantor Pengadilan Agama Buntok, jika memang ada sesuatu yang diperlukan walaupun bulan puasa, pelayanan yang ada di Pengadilan Agama Buntok akan terus berjalan seperti biasa.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar tetap datang ke kantor meski bulan Ramadhan, karena kita akan tetap standby dan pelayanan publik di Pengadilan Agama Buntok saya jamin akan tetap berjalan seperti biasa” Imbuhnya. (ditulis oleh Shoim)