Muara Teweh | pa-muarateweh.go.id

Muara Teweh, Kamis, 23 Agustus 2018 bertepatan dengan tanggal 11 Dzulhijjah 1439 H, Keluarga Besar Pengadilan Agama Muara Teweh menggelar acara Penyembelihan Hewan Qurban dalam rangka memperingati hari Raya Idul Adha 1439 H. Kegiatan yang merupakan rutinitas tiap tahun tersebut berlangsung mulai dari pukul 07.30 WIB

Penyembelihan hewan Qurban ini bermaksud untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama serta meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT. Ibadah Qurban bertujuan untuk menumbuhkan aneka nilai yang luhur bagi diri orang yang melaksanakannya, di antaranya nilai keikhlasan, nilai kesabaran, nilai kepatuhan, dan nilai perjuangan (pantang menyerah) dalam menjalankan suatu amanah. Kesemua nilai-nilai tersebut diharapkan menjadi spirit dalam kehidupan kita sehari-hari termasuk dalam peningkatan kinerja kita sebagai aparat peradilan. Dengan niat mendekatkan diri kepada Allah SWT, beberapa orang hakim dan pegawai Pengadilan Agama Muara Teweh menyisihkan sebagian hasil dari penghasilan yang diterimanya untuk membeli dan menyembelih hewan qurban tersebut. Alhamdulillah tahun ini Pengadilan Agama Muara Teweh berhasil mengumpulkan hewan qurban sebanyak 1 ekor sapi.

Dalam pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, diawali dengan penyerahan Hewan Qurban dari Bapak Ahmad Padli, S.Ag (Wakil Ketua PA Muara Teweh) kepada Ketua Panitia Ibadah Qurban Bapak Kemijan, S.Ag., (Panitera Muda Hukum PA Muara Teweh)

Wakil Ketua PA Muara Teweh (Ahmad Padli, S.Ag) dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apreasiasi atas keikhlasan pegawai PA Muara Teweh yang berinisiatif melakukan menyerahkan hewan qurban yang nanti akan disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima dilingkungan kantor Pengadilan Agama Muara Teweh.

Suasana kebersamaan dan kekeluargaan tampak mewarnai pelaksanaan penyembelihan hewan qurban. Sebagian besar karyawan sibuk mengurusi pemotongan, pembagian dan kebersihan, sedangkan karyawati mengurusi konsumsi untuk makan siang bersama.

Keluarga Besar Pengadilan Agama Muara Teweh berharap kegiatan ini tetap dapat berlangsung pada tahun-tahun berikutnya dan semoga dengan jumlah hewan qurban yang lebih banyak lagi. Dengan pelaksanaan acara seperti ini, semoga dapat lebih mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dan menumbuhkan rasa kebersamaan serta kasih sayang kepada sesama.Amiin


Muara Teweh | Pa-muarateweh.go.id

Selasa, 06 Maret 2018 Pukul 10.00, warga Pengadilan Agama Muara Teweh  mengadakan acara pengantar tugas/pelepasan Ketua Pengadilan Agama Muara Teweh II Drs. H. Musthofa Kamal, MH  yang dipromosikan menjadi Hakim Pengadilan Agama Bekasi Kelas IA, berdasarkan Keputusan Ketua Mahkamah Republik Indonesia Nomor: 25/KMA/SK/I/2018 tanggal 26 Januari 2018 Tentang Promosi Dan Mutasi Ketua, Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah Di Lingkungan Peradilan Agama.

Turut hadir dalam acara pengantar tugas / pelepasan tersebut Pjs. Bupati Barito Utara Bapak Drs. H. Sapto Nugroho Sekretaris Daerah, Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Negeri Muara Teweh, Kepala Kejaksaan, Wakapolres, Dandim 1013 Muara Teweh dan Kepala Perangkat Daerah serta segenap tamu undangan lainnya

Ketua Pengadilan Agama Muara Teweh yang didampingi isteri Hj. Sukesih, S.Pd.I dalam sambutan sekaligus pesan dan kesannya mengatakan bahwa promosi dan mutasi dijajaran Pengadilan merupakan hal yang lumrah dan biasa. Lebih lanjut beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Agama Muara Teweh atas kerja sama dalam melaksanakan tugas selama beliau menjabat sebagai ketua kurang lebih 2 tahun sekaligus mohon maaf atas segala kekeliruan dan kekhilafan didalam bergaul serta memohon doa agar ditempat tugas yang baru selalu diberi kesehatan dan kesuksesan dalam bertugas, selanjutnya Pesan dan Kesan dari Keluarga Besar Pengadilan Agama Muara Teweh diwakilkan kepada Wakil Ketua Pengadilan Agama Muara Teweh Bapak Ahmad Padli, S.Ag., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Drs. H. Musthofa Kamal, MH membimbing dan membina serta prestasi dicapai selama memimpin Pengadilan Agama Muara Teweh


Selanjutnya Pesan dan Kesan dari Pjs. Bupati Barito Utara Bapak Drs. H. Sapto Nugroho memberikan sambutannya mengucapkan terima kasih atas terjalinnya hubungan harmonis selama ini antara Pemerintah Kabupaten Barito Utara dengan Pengadilan Agama Muara Teweh serta memberikan ucapan selamat kepada Bapak Drs. H. Musthofa Kamal, MH yang dipromosikan menjadi Hakim Pengadilan Agama Bekasi Kelas IA semoga akan bertambah sukses serta ajang seperti ini akan lebih mempererat silaturahim untuk mendukung tugas-tugas pemerintah daerah yang perlu dukungan kita semua untuk mewujudkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik.

Acara selanjutnya Penyerahan Cendrata Mata dan diakhiri dengan pembacaan do’a serta ditutup dengan ucapan selamat jalan dari seluruh tamu undangan. (m2n)

Muara Teweh - Pengadilan Agama Muara Teweh pada hari Selasa tanggal 13 Maret 2018 menyelenggarakan Sosialisasi tentang Bahaya Narkoba dan Pelaksanaan Test Urine. Penyelenggaraan Sosialisasi tentang Bahaya Narkoba ini sesuai instruksi dari Sekretaris Mahkamah Agung pada Surat Nomor 974/SEK/OT.01.1/11/2017 perihal Pelaksanaan Pemeriksaan Narkoba dan Sosialiasi Bahaya Narkoba. Sosialisasi tentang bahaya narkoba di Pengadilan Agama Muara Teweh disampaikan oleh AKP. Tugiyo Kasat Narkoba Polres Kabupaten Barito Utara yang didampingi oleh tim satuan Narkoba Polres Kabupaten Barito Utara bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Muara Teweh dan diikuti oleh seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Muara Teweh.

Sosialisasi bahaya narkoba tersebut pada intinya mengajak seluruh jajaran di Pengadilan Agama Muara Teweh untuk menjauhi dan memerangi narkoba. Kasat Resnarkoba Polres Barito Utara kemudian menyampaikan bahaya penyalahgunaan narkoba dan pasal-pasal yang akan menjadi dasar penindakan hukum bagi pengguna, perantara, pengedar dan penjual. Di himbau agar menjaga anggota keluarga untuk tidak terjerumus kedalam narkoba, kemudian disampaikan juga ciri-ciri yang harus di curigai terhadap anggota keluarga yang menggunakan narkoba.

Bahaya narkoba tidak hanya terhadap fisik, namun juga bisa berbahaya terhadap psikologi dan lingkungan sosial. Secara detail bahaya yang ditimbulkan narkoba antara lain gangguan pada sistem syaraf (neurologis), gangguan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler), gangguan pada kulit (dermatologis) bahkan pada penggunaan narkoba melalui jarum suntik sang pemakai sangat rentan tertular HIV.

Setelah sosialisasi bahaya narkoba selesai langsung diadakan pengambilan sampel urine seluruh Pegawai Pengadilan Agama Muara Teweh, setelah semua urine terkumpul tim dari satuan Narkoba Polres Kabupaten Barito Utara langsung melakukan pengecekan terhadap urine-urine tersebut, untuk diketahui apakah seseorang pernah memakai atau mengkonsumsi narkoba atau tidak.