Peradilan Agama Kalteng

Asessment Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Sampit

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Wakil Ketua Pengadilan Agama Sampit (2 dari kanan) bersama Tim Assesor

Sampit - Hari Senin, tanggal 23 Oktober 2017 Tim Asessor Eksternal dari PTA Kalimantan Tengah datang ke Pengadilan Agama Sampit, Tim terdiri dari 3 orang yaitu : Sofyansaleh Efriyono, S.Pd.I. Kasubbag TU dan Rumah Tangga PTA kalteng sebagai Asessor, Mukti Ali, S.Ag., M.H. Sekretaris PTA Kalteng dan Hamidi, S.H. Panitera Muda Hukum PTA Kalteng masing-masing sebagai Asessor Pendamping. Kedatangan Tim tersebut dalam rangka melaksanakan Asessment Akreditasi Penjaminan Mutu di Pengadilan Agama Sampit, kegiatan penilaian untuk mengukur tingkat kesesuaian antara implementasi di Pengadilan Agama Sampit terhadap persyaratan Akreditasi Penjaminan Mutu.

Dalam Standar Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah yang telah diterbitkan Badilag Mahkamah Agung RI terdiri dari 3 Bab, 106 standar, 777 poin penilain. Penilaian dilakukan dengan menilai poin penilaian pada masing-masing standar. Pelaksanaan asessment atau penilaian dilakukan selama tiga hari dengan jadwal yang telah ditetapkan yaitu dari tanggal 23 s.d. 25 Oktober 2017.

TIM Asessor Eksternal terlebih dahulu melakukan opening meeting (rapat pembukaan) bertempat di Aula Pengadilan Agama Sampit pada pukul 13.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB yang dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Sampit, Hakim-hakim, Panitera, Sekretaris, para Panmud, para Kasub, staf-staf dan Honorer. Agenda dalam rapat pembukaan yaitu perkenalan Tim Asessor Eksternal pada Pengadilan Agama Sampit dan penyampaian penjelasan jadwal asessment. Dalam opening meeting terlebih dahulu Wakil Ketua Pengadilan Agama Sampit Norhadi, S.H.I. menyampaikan sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh tim dan berterima kasih kepada Tim Asessor Eksternal yang telah datang ke Pengadilan Agama Sampit, selanjutnya beliau memperkenalkan seluruh SDM yang ada di Pengadilan Agama Sampit yang sudah bekerja maksimal dalam melaksanakan SAPM ini dan sudah berusaha memberikan yang terbaik, semoga dapat membuahkan hasil yang maksimal.

Selanjutnya Ketua Tim Asessor Sofyansaleh Efriyono menyampaikan bahwa kedatangan Tim di Pengadilan Agama Sampit kali ini adalah untuk melaksanakan asessment eksternal, dengan 3 kegiatan yaitu perkenalan tim, telaah dokumen dan telusur. Tim akan melihat dan menelusur implementasi/penerapan APM di lingkungan Pengadilan Agama Sampit, dengan pembagian tugas sebagai berikut: Administrasi Manajemen oleh Mukti Ali, S.Ag., M.H., Administrasi Kesekretariatan oleh Sofyansaleh Efriyono, S.Pd.I. dan Administrasi Kepaniteraan oleh Hamidi, S.H.

Dan untuk penyemangat Tim Asessor bersama seluruh pegawai Pengadilan Agama menyerukan Yel Yel SAPM “ Mahkamah Agung…Maju, Badilag …Sukses, PA Sampit.. Luar Biasa 3x, SAPM … Unggul”.

Selanjutnya dilaksanakan telaaah dokumen oleh Asessor terhadap masing-masing bagian yaitu: Pj. Administrasi Manajemen Abdul rahman, S.Ag., Pj. Administrasi Kesekretariatan Isnaniyah, S.Ag. dan Pj. Administrasi Kepaniteraan Frislyasi, S.H.I.

Hari ke dua dilaksanakan kembali telaah dokumen dan telusur oleh Tim Asessor kepada masing-masing bagian, dan hari ketiga dilanjutkan dengan wawancara Asessor terhadap Wakil Ketua Pengadilan Agama Sampit.

Pada pukul 15.00 WIB s.d 16.00 WIB dilaksanakan kegiatan close meeting, dengan agenda para Asessor menyampaikan hasil Asessmentnya dimasing-masing bagian, secara umum pelaksanaan APM di Pengadilan Agama Sampit sudah baik, namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dan perlu lebih ditingkatkan lagi, supaya tujuan adanya SAPM yaitu memberikan pelayanan prima kepada para pihak pencari keadilan dapat berjalan sesuai dengan standar pelayanan. Semoga PA Sampit dapat terakreditasi.Aamiin(Tim IT PA Sampit)

Cari