Salah satu program yang digagas yaitu program ujicoba project aplikasi panjar hitung perkara. Pada Kamis, 9 Agustus 2018, PA Pangkalan Bun melakukan ujicoba project aplikasi hitung panjar yang digagas oleh tim Teknologi Informasi (TI) Pengadilan Agama Pangkalan Bun. Ujicoba project aplikasi hitung panjar disini menjadi persiapan awal dalam rangka menyambut kemajuan teknologi yang semakin canggih dalam bidang peradilan. Saat ini teknologi yang tengah hangat dibicarakan yakni e-Court (Pendaftaran Perkara Secara Online).

Meski demikian, aplikasi ini masih belum bisa diakses secara menyeluruh oleh para pihak yang berperkara, lantaran masih dalam tahap ujicoba project. Saat ini aplikasi tersebut hanya bisa digunakan di internal PA Pangkalan Bun saja. Dalam waktu dekat, ketika telah berhasil diujicoba bakal di share ke masyarakat, agar bisa menjadi sarana dalam pelayanan terbaik di Pengadilan Agama Pangkalan Bun.

Cara menggunakan project aplikasi ujicoba ini terlebih dahulu pihak internal PA Pangkalan Bun membuka alamat website http://192.168.10.21/ci_panjar/ yang terintegrasi dengan server PA Pangkalan Bun. Prosedur awal dimulai dengan mengklikTombol "Mulai Hitung Panjar" untuk memulai menghitung Panjar biaya perkara,

  1. Selanjutnya, Pilih Jenis Perkara Anda,
  2. Ketik Nama Anda / Lawan
  3. Pilih Kategori (Penggugat atau Tergugat)
  4. Ketik Awalan Kelurahan Anda Tinggal, selanjutnya sistem akan mencari Nama Kelurahan sesuai huruf yang diketik,kemudian pilih, maka otomatis akan tampak nama kelurahan dan kecamatan Anda
  5. selanjutnya Klik Tombol Simpan,
  6. Ulangi Nomor 2 - 5 Untuk Pihak selanjutnya.
  7. Jika Ingin Cetak hasilnya,silahkan Klik Tombol Cetak.

Untuk diketahui, Ujicoba project aplikasi hitung panjar ini tengah dijalankan secara intens, karena nantinya bakal diterapkan secara umum kepada para pihak berperkara di lingkungan Pengadilan Agama Pangkalan Bun.

 (Tim Redaksi PA P.Bun)