http://pa-pangkalanbun.go.id

Pangkalan Bun-Pengadilan Agama Pangkalan Bun terus berupaya menyiapkan semua elemen pendukung dalam implementasi e Court. e-Court yang merupakan pelayanan peradilan berbasis elektronik tidak bisa serta merta berjalan begitu saja tanpa adanya dukungan elemen lain, seperti penyediaan teknlogi informasi dan komunikasi yang memadai di lingkungan kantor.

Salah satu fasilitas pendukung e-Court  yang baru dikeluarkan oleh PA Pangkalan Bun adalah video petunjuk e-Court yang diupload di website PA Pangkalan Bun. Video petunjuk tersebut berisi pengenalan sekaligus mekanisme pelaksanaan e-Court di lingkungan Pengadilan. Video ini dilaunching pada hari Jumat, 31 Agustus 2018.

Video petunjuk tersebut dibuat dalam rangka memberikan pengetahuan awal seputar e-Court kepada setiap stakeholder yang memiliki hubungan kerja berkaitan perkara dengan Pengadilan Agama Pangkalan Bun.

Dalam video berdurasi kurang lebih lima menit tersebut terdapat informasi seputar pengertian e-Court, disertai teknis pelaksananaan e-Court di lingkungan peradilan agama.

Diharapkan adanya video petunjuk ini mnjadi sarana bagi stakeholder untuk mengenal apa itu e-Court dan bagaimana impelemntasinya dalam proses penanganan perkara di Pengadilan Agama.

Seperti diketahui, pembuatan video petunjuk e-Court ini dilakukan setelah PA Pangkalan Bun mengikuti serangkaian kegiatan rapat koordinasi dengan jajaran Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Kalimantan Tengah dalam rangka mengimplementasikan e-Court di seluruh pengadilan agama di Kalteng. Hal ini sesuai dengan Surat Dirjen Badilag Mahkamah Agung Nomor 1947/Dj.A/HM.00/VIII/2018 tanggal 2 Agustus 2o18 perihal pemetaan Kebutuhan untuk implementasi e Court. (Tim Redaksi  PA P.Bun)

http://pa-pangkalanbun.go.id

Pangkalan Bun- Ketua Pengadilan Agama Pangkalan Bun Dr. Drs. H. Suryadi Hs, SH, MH melantik hakim baru atas nama Drs. Setia Adil. Pelantikan yang dihadiri segenap pegawai ini digelar di ruang sidang utama PA Pangkalan Bun, pada hari Jumat, tanggal 31 Agustus 2018. 

Pelantikan ini digelar berdasarkan keputusan  hasil rapat tim promosi mutasi pimpinan Mahkamah Agung RI tahun 2018, diketahui Drs. Setia Adil yang baru dilantik merupakan mantan Ketua Pengadilan Agama Negara Kelas II wilayah Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Selatan. Beliau pindah per 1 September 2018 sebagai hakim ke Pengadilan Agama Pangkalan Bun Kelas IB.

Dalam Prosesi pelantikan Ketua PA Pangkalan Bun Dr. Drs. H. Suryadi Hs, SH, MH tampak mengenakan toga berwarna hijau, begitu juga Drs. Setia Adil yang akan dilantik. Acara dimulai dengan pembukaan, lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al quran. Setelah itu barulah sambutan yang disampaikan oleh Ketua.

Pelaksanaan prosesi pelantikan diiringi lagu padamu negeri dimana Ketua PA Pangkalan Bun yang melantik Drs. Setia Adil. Penandatanganan naskah pelantikan menjadi tanda bahwa secara resmi Drs. Setia Adil menjadi Hakim di Pengadilan Agama Pangkalan Bun.

Setelah acara prosesi pelantikan selesai dilanjutkan dengan pembacaan doa. Lalu tak lupa sesi foto bersama setelah pelaksanaan pelantikan hakim. (Tim Redaksi  PA P.Bun

 

Pangkalan Bun / www.pa-pangkalanbun.go.id

Pangkalan Bun –Memperingati hari raya kurban 1439 H yang jatuh pada Rabu tanggal 22 Agustus 2018, Pengadilan Agama Pangkalan Bun menyembelih satu ekor sapi. Sapi tersebut merupakan sumbangan para pejabat di lingkungan Pengadilan Agama Pangkalan Bun. Penyembelihan tersebut dilakukan di halaman kantor Pengadilan Agama Pangkalan Bun.

Penyembelihan hewan kurban berupa sapi tersebut dilakukan sekitar pukul 09.30 WIB. TYampak segenap jajaran pegawai ikut serta dalam prosesi penyembelihan hewan kurban. Diketahui setiap tahun memang Pengadilan Agama Pangkalan Bun melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Pada penyembelihan tahun ini. H.M. Taberani, SH selaku Wakil Panitera PA Pangkalan Bun dipercaya sebagai penyembelih. Sementara Ketua PA Pangkalan Bun Dr. Drs. H. Suryadi HS, SH, MH terlihat memimpin doa sebelum penyembelihan dilakukan.

Beberapa orang pegawai juga ikut serta dalam memegang sapi, Suasana penyembelihan berlangsung khidmat, lantunan takbir terus berkumandang selama prosesi penyembelihan.

Setelah berhasil dipotong dilanjutkan dengan prosesi menguliti sapi kurban, lalu dilanjutkan memotong daging kurban menjadi lebih kecil. Terlihat Ibu-Ibu Dharmayukti Karini ikut serta dalam memotong daging yang kemudian ditimbang dan dimasukkan ke dalam kresek berwarna putih.

Rencananya ada sekitar 100 bungkus daging kuyrban yang bakal dibagikan kepada masyarakat dan pegawai.

Seteklah dirasa selesai prosesi penyembelihan, dilanjutkan dengan pembagian daging kurban pada pukul 12.00-13.00 Wib. Beberapa masyarakat dan pegawai satu demi satu mengambil; daging kurban dengan membawa kupon yang telah dibagikan sebelumnya. Pembagian daging kurban berlangsung lancar tanpa ada masalah.(Tim Redaksi PA P.Bun)