Pangkalan Bun / www.pa-pangkalanbun.go.id

Pangkalan Bun – Pengadilan Agama Pangkalan Bun menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke-73 pada Jumat, 17 Agustus 2018. Pelaksanaan upacara dilakukan di halaman kantor Pengadilan Agama,Pangkalan Bun di Jalan Kumpai Batu Atas, Pasir Panjang, Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Seluruh jajaran pegawai tampak mengikuti upacara kali ini. Jajaran hakim, panitera, sekretaris mengenakan pakaian dinas, lalu para pegawai dan staf mengenakan pakaian KORPRI, Sementara calon hakim mengenakan bakaian putih dan celana hitam.

Pada upacara tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Pangkalan Bun Dr. Drs. H. Suryadi, SH. MH. Sementara untuk petugas upacara merupakan gabungan antara pegawai dan calon hakim yang telah dietapkan sebelumnya.

Upacara dimulai dengan persiapan barisan lalu dilanjutkan dengan sesi upacara selanjutnya, hingga dibacakan sambutan Gubernur oleh Ketua PA Pangkalan Bun dalam upacara tersebut.

Pelaksanaan upacara bendera berlangsung dengan khidmat, setelah upacara seluruh peserta tampak bersalaman, lalu dilanjutkan sesi foto bersama.

(Tim Redaksi PA P.Bun)

 

Pangkalan Bun / www.pa-pangkalanbun.go.id

Pangkalan Bun – Pengadilan Agama Pangkalan Bun tampaknya mulai melakukan pembenahan di setiap lini bak, kepaniteraan, kesekretariatan , hingga manajemen. Hal ini muncul, sebagai bagian dari pengembangan Pengadilan, pasca mendapatkan predikat “Baik” dalam Sertifikasi Standarisasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) yang digelar Dirjen Badilag, Mahkamah Agung beberapa waktu lalu.

Salah satu inovasi Pengadilan Agama Pangkalan Bun adalah Sistem Pengarsipan Perkara secara Elektronik di bidang kepaniteraan. Pada sistem ini semua dokumen di perkara tersimpan secara elektronik.. Sistem ini mula diberlukan pada Kamis, 9 Juni 2018 di lingkungan Pengadilan Agama Pangkalan Bun.

Sistem ini cara kerjanya, yakni menyimpan arsip perkara secara elektronik baik putusan maupun penetapan atau produk pengadilan lainnya. Selain disimpan dalam bentuk fisik, arsip juga disimpan secara digital menggunakan sistem tersebut.

Sistem ini memungkinkan bagi pelaksana kepaniteraan dalam mencari dokumen yang suatu saat dibutuhkan. Biasanya jika mencari secara manual di ruang arsip tentu membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, adanya sistem ini bisa mempercepat pencarian dokumen perkara hanya dengan mengetikkan nomor perkara saja.

Seperti diketahui, berkas penetapan maupun putusan yang sudah bertahun-tahun lamanya terkadang sangat sulit dicari di ruang arsip, Oleh karena itu, dharapkan adanya sistem arsip perkara secara elektronik mampu memberikan kemudahan di bidang kepaniteraan di Pengadilan Agama Pangkalan Bun. (Tim Redaksi PA P.Bun)

 

Pangkalan Bun / www.pa-pangkalanbun.go.id

Pangkalan Bun – Pengadilan Agama Pangkalan Bun terus berbenah, guna meningkatkan pelayanan terbaiknya kepada setiap pihak berperkara di wilayah hukum Kabupaten Kotawaringin Barat. Hal ini dilakukan, pasca mendapatkan nilai dengan predikat Baik dalam program Standarisasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) di lingkungan Direktorat Jenderal  Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Read more: Tingkatkan Pelayanan, PA Pangkalan Bun Uji Cobakan Project Aplikasi Hitung Panjar