Para pihak saat mengajukan gugatan

Palangka Raya - Perluasan kewenangan Peradilan Agama dalam masalah ekonomi syariah berdampak kepada penerimaan perkara sengketa ekonomi syariah yang diajukan masyarakat ke Pengadilan Agama. Demikian halnya yang terjadi di Pengadilan Agama Palangka Raya. Selasa, 17 Oktober 2017 merupakan catatan sejarah bagi Pengadilan Agama Palangka Raya yang pada hari itu untuk pertamakalinya telah menerima Gugatan Ekonomi Syariah.

Sebagaimana diketahui bahwa kewenangan Peradilan Agama dalam masalah ekonomi syariah telah dinyatakan dalam Pasal 49 huruf (1) UU No. 3 Tahun 2006 tentang Peradilan Agama yang selanjutnya diperkuat dengan putusan Mahkamah Konstitusi No. 93/PUU-X/2012 Pada tanggal 29 Agustus 2013 mengenai Judicial Review Pengujian Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dengan perluasan kewenangan tersebut, masyarakat khususnya para pihak berperkara sangat menaruh harapan yang tinggi kepada Pengadilan dalam menyelesaikan permasalahannya secara adil dan benar. Oleh karenanya menjadi tantangan bagi aparatur Peradilan Agama untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kemampuan dalam kapasitasnya guna menjawab tantangan tersebut sesuai dengan kewenangan. (fiedie)

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah Melantik Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya

Palangka Raya - Setelah cukup lama vakum karena pejabat lama pensiun maka pada hari Kamis tanggal 14 September 2017, pukul 08.30 WIB s.d. selesai, bertempat di Aula Gedung Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah Jalan Cilik Riwut Km.4,5 Palangka Raya telah dilangsungkan pengambilan sumpah dan pelantikan jabatan Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya Kelas IB, atas nama Drs.H. Hatpiadi, M.H., oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah, Drs.H.Sarif Usman, S.H.,M.H., kemudian dilanjutkan acara pengambilan sumpah dan pelantikan jabatan Wakil Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya Kelas IB, atas nama Drs.H.Alfian, S.H.,M.H.I., oleh Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya Kelas IB, Drs. H.Hatpiadi, M.H.

Acara berlangsung khidmat sesuai dengan tatacara/protokoler pelantikan sebagai seorang Pejabat Negara disamping itu dirangkai pula dengan Pengantar Alih Tugas Drs.Nasrulloh, S.H., yang mutasi dari Wakil Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya menjadi Wakil Ketua Pengadilan Agama Pacitan Kelas IB.

Dari rangkaian acara disebutkan adanya Sambutan dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah, Drs.H.Sarif Usman, S.H.,M.H., yang isinya antara lain ucapan selamat bertugas di Kota Cantik Palangka Raya kepada Drs.H. Hatpiadi, M.H., dan kepada Drs.H.Alfian, S.H.,M.H.I. yang baru saja dilantik dan ucapan terima kasih kepada pejabat lama yang akan meninggalkan Kota Palangka Raya serta ucapan selamat bertugas di tempat yang baru sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Pacitan Kelas IB kepada Drs.Nasrulloh, S.H., yang mana selama ini Pak Nasrulloh telah mengemban tugas Wakil Ketua sekaligus Plh. Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya dengan prestasi yang cukup membanggakan karena Pengadilan Agama Palangka Raya merupakan etalase bagi Pengadilan Agama se Kalimantan Tengah.

Lebih lanjut Pak Sarif Usman mengajak kepada semua unsure pimpinan pengadilan se Kalimantan Tengah yang ikut hadir pada hari ini agar menjunjung tinggi Fakta Integritas sebagai pondasi awal yang kuat dalam melaksanakan amanah dalam jabatan disamping menyampaikan Maklumat Nomor 1 Tahun 2017 dari Mahkamah Agung RI dalam menyikapi maraknya OTT yang menimpa aparatur hukumnya akhir-akhir ini sebagai upaya untuk memperbaiki citra, wibawa dan martabat lembaga peradilan. Perma yang sudah terbit diantaranya Perma Nomor 7 Tahun 2016 tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya. Kemudian, Perma Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya.

Acara diakhiri dengan doa yang disampaikan oleh Mohammad Mahin Ridho Afifi, S.H.I, berharap kepada yang hadir maupun tidak semoga acara ini mendapat berkah dari Allah Swt, terlebih lagi bagi pemangku jabatan yang baru saja dilantik senantiasa mendapat bimbingan dan pertolongan dari Allah Swt.Aamiin (Mirza Wanaravitri/St.M)

Majelis hakim saat melaksanakan proses persidangan

Palangka Raya - Bahwa untuk membantu para pihak pencari keadilan diperlukan sidang di luar gedung pengadilan sehingga sesuai surat tugas yang diberikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya kepada Majelis Hakim yang melaksanakan sidang di luar gedung pengadilan maka pada hari ini Rabu tanggal 13 September 2017, Majelis Hakim yang diKetuai oleh Drs. Sanusi, dan Hakim-Hakim Anggota, Drs. Akhmad Baihaqi dan Siti Fadiah, S.Ag., serta dibantu oleh 2(dua) orang Panitera Pengganti, bernama Dra. St. Murahmi, M.H. dan Hj. Mursitin, S.H., bertolak menuju lokasi sidang keliling di KUA Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya.

Rombongan sebanyak 7(tujuh) orang berangkat dari Kantor Pengadilan Agama Palangka Raya di Jalan A. Yani No. 95 Palangka Raya pada pukul 10.00 WIB dan tiba di KUA Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya sekitar pukul 10.30 WIB karena jarak tempuh kurang lebih 25 Km dari pusat kota.

Persidangan dimulai tepat jam 10.40 WIB karena sebelumnya pihak KUA Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya sudah diberitahu tentang adanya sidang keliling dimaksud sehingga sudah dipersiapkan salah satu ruangan kantornya berupa meja dan kursi sebagai tempat pelaksanaan sidang keliling tersebut.

Para pihak yang hadir adalah Pemohon I atas nama Genius bin Teras dan Pemohon II bernama Halimah binti Mukmin, untuk perkara Nomor 0061/Pdt.P/2017/PA Plk dan juga perkara Nomor 0062/Pdt.P/2017/PA Plk, Pemohon I atas nama Masruni bin Muhyar dan Pemohon II bernama Fauziah binti Anang Alus. Pemeriksaan berlangsung terbuka untuk umum, singkat dan padat sesuai dengan hukum acaranya karena perkara ini adalah Itsbat Nikah.

Sidang berakhir pukul 11.40 WIB, dilanjutkan istirahat sejenak di ruang loby KUA Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya, dan setelah berbincang-bincang sejenak kemudian rombongan sidang keliling mohon diri bertolak kembali pulang ke Kantor Pengadilan Agama Palangka Raya.(St.M)