header pta Baru

PA Pulang Pisau Ucapkan Dirgahayu Hari Amal Bakti Kementerian Agama Yang Ke-75

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 559Posted in Pulang Pisau

PA Pulang Pisau Ucapkan Dirgahayu Hari Amal Bakti Kementerian Agama Yang Ke-75

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritahut kemenag.jpg

Pada tanggal 3 januari 1946 pemerintah mengeluarkan ketetapan NO.1/S.D. yang antara lain memutuskan membentuk Departemen Agama. Kala itu Departemen Agama kewenangannya mencakup bidang perkawinan, peradilan agama, pendidikan, kemesjidan, urusan haji dan lainnya. Selanjutnya istilah Departemen Agama diganti menjadi Kementerian Agama sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2010.

Dulunya Pengadilan Agama dibawah Kementerian Agama, namun dengan keluarnya Undang-undang Nomor 4 Tahun 2004 tentang Perubahan Undang-undang Pokok-pokok Kekuasaan Kehakiman yang diatur lebih lanjut dengan Keputusan Presiden Nomor 21 Tahun 2004 tentang Pengalihan Organisasi, Administrasi dan Finansial di Lingkungan Peradilan Umum, Peradilan Tata Usaha Negara, dan Peradilan Agama ke Mahkamah Agung maka Pengadilan Agama resmi bergabung dengan Mahkamah Agung Republik Indonesia. 

Meskipun kini antara Pengadilan Agama dan Kementerian Agama sudah tidak satu instansi lagi namun keduanya tetap mempunyai hubungan yang erat dan strategis karena adanya keterikatan baik dalam bidang administrasi maupun ikatan batin secara psikologis dan sosiologis. Dengan adanya peringatan hari lahirnya Kementerian Agama tersebut Seluruh Keluarga Besar Pengadilan Agama Pulang Pisau mengucapkan Dirgahayu Hari Amal Bakti Kementerian Agama Republik Indonesia yang ke-75, Semoga Indonesia selalu rukun, masyarakat sejahtera dan selalu di bawah perlindungan Allah SWT  

 

 (Mul/Tim-Red)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media