CATATAN PETUGAS MEJA III PA KUALA PEMBUANG PERIODE TAHUN 2020

Written by Edi on . Posted in Kuala Pembuang

Written by Edi on . Hits: 509Posted in Kuala Pembuang

CATATAN PETUGAS MEJA III PA KUALA PEMBUANG
PERIODE TAHUN 2020

 

Kuala Pembuang | pa-kualapembuang.go.id

KUALA PEMBUANG – Rabu, 30 Desember 2020. PA Kuala Pembuang mengakhiri tahun 2020, perlu kiranya ada catatan kinerja dari Petugas Meja III PA Kuala Pembuang yang bertugas dan bertanggungjawab melaksanakan Monitoring Perkara yang sudah putus dan Pelayanan Bagian Produk Pengadilan. 

Keadaan perkara yang sudah diputus oleh Majelis Hakim PA Kuala Pembuang sebanyak 183 Perkara terdiri 140 Perkara Gugatan (contentius) dan 43 permohonan (volunteer), jenis perkara yang diterima, ada 6 (enam) jenis perkara yaitu Cerai Talak 25 perkara, Cerai Gugat 115 perkara, Asal Usul Anak 2 perkara, Itsbat Nikah 22 perkara, Dispensasi Nikah 18 perkara dan 1 pekara Penetapan Ahli Waris.

Adapun perkara  Gugatan (Contentius) yang sudah Berkekuatan Hukum  (inkracht van gewijsde) sebanyak 136 perkara, sedangkan perkara Permohonan (volunteer) semuanya sudah Berkekuatan Hukum Tetap Tetap (inkracht van gewijsde). Adapun Akta Cerai yang sudah diterbitkan oleh Pengadilan Agama Kuala Pembuang sebanyak 137 Akta Cerai.

Dengan demikian, pada tahun 2020 jumlah perkara yang diterima dan diputus PA Kuala Pembuang mengalami kenaikan kuantitas/jumlahnya dibandingkan dengan tahun 2019 yang  hanya mencapai 150 perkara. Untuk persentase tingkat penyelesaian perkara tahun 2020 sama dengan tahun 2019 yaitu sama-sama mencapai 100%. Sedangkan Akta Cerai yang diterbitkan oleh PA Kuala Pembuang Adapun tentang kualitas jenis perkara semakin bervariasi yaitu telah menerima 6 (enam) jenis perkara. Selama tahun 2020 tidak ada perkara yang diajukan upaya hukum banding, kasasi maupun peninjauan kembali. (Redaksi/QMR)