Guna Meningkatkan Kemampuan, Hakim PA Kuala Kurun Ikuti Bedah Berkas

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Kuala Kurun

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 1984Posted in Kuala Kurun

Guna Meningkatkan Kemampuan, Hakim PA Kuala Kurun Ikuti Bedah Berkas

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

 

Kuala Kurun – Bertempat di Ruang Aula Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya, para peserta rapat koordinasi yang terdiri dari ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Se Kalimantan Tengah mengikuti kegiatan bedah berkas perkara pada Kamis, 20 Februari 2020. Kegiatan bedah berkas dimulai pukul 19.00 WIB hingga dengan selesai. kegiatan bedah berkas perkara merupakan satu dari beberapa rangkaian kegiatan dari Rapat Koordinasi yang diikuti seluruh Ketua dan Wakil Ketua serta Hakim Pengadilan Agama wilayah Kalimantan Tengah. dalam kegiatan pelaksanaan bedah berkas adapun mekanisme pelaksanaannya di mulai dengan seluruh peserta yang hadir dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberikan contoh putusan pengadilan oleh Ketua Kegiatan, Dr. Uyun Kamiluddin, S.H., M.H. (Hakim Tinggi) untuk kemudian dievaluasi maupun dicermati secara mendalam yang nantinya akan dibahas mengenai apakah terdapat kesalahan dalam pembuatan putusan tersebut yang kemudian dibahas bersama-sama untuk menambah pengetahuan para Hakim. Selama kegiatan berlangsung, seluruh peserta bedah berkas  terlihat nampak antusias mengikuti kegiatan berlangsung. Kegiatan bedah berkas perkara di Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya ini berlangsung dengan suasana kekeluargaan yang hangat serta menyenangkan untuk diikuti. 

Muchmad Misbachul Anam selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II yang turut serta dalam kegiatan bedah berkas perkara mengungkapkan dengan adanya kegiatan bedah perkara sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kinerja Hakim. “Kegiatan pelaksanaan bedah perkara sangat bermanfaat bagi kita, salah satu tujuan dengan pelaksanaan kegiatan ini  adalah untuk dapat mengevaluasi kinerja baik secara administrasi maupun berbagai hal lainnya. Dengan secara bersama sama kita dapat melihat kelemahan yang masih ada kemudian kembali mempelajari kekurangan masing-masing agar kedepannya dapat dilakukan perbaikan dengan berpedoman pada pedoman yang berlaku” ujar Anam. 

Lebih lanjut, Muhammad Aliyuddin, S.Ag., M.H selaku Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun kelas II saat di Tim Redaksi berharap pelaksanaan kegiatan bedah perkara dapat dilaksanakan secara berkala atau rutin. Dimana acara bedah perkara sangat efektif sebagai media evaluasi dan perbaikan kinerja serta dapat meningkatkan kembali ketelitian dan kecermatan Hakim dalam pembuatan putusan perkara pengadilan. 

Bravo PA Kuala Kurun!” (UN - TI)