Pertemuan Rutin Dharmayukti Karini Cabang Kuala Kurun : “Perempuan Rentan akan Kekerasan Dalam Rumah Tangga”

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Kuala Kurun

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 662Posted in Kuala Kurun

Pertemuan Rutin Dharmayukti Karini Cabang Kuala Kurun : “Perempuan Rentan akan Kekerasan Dalam Rumah Tangga” 

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Kuala Kurun - Dharammayukti Karini Cabang Kuala Kurun kembali melaksanakan agenda kegiatan rutin bulananya pada hari Sabtu, 28 Desember 2019. Bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Negeri Kuala Kurun Kelas II kegiatan dihadiri sebanyak tujuh orang anggota Dharmayukti Cabang Kuala Kurun Kelas II. Dalam pertemuan rutinan tersebut juga diisi dengan kegiatan penyuluhan seputar masalah kekerasan dalam rumah tangga serta Pelindungan Anak. Bertindak sebagai pemateri dalam sosialisasi tersebut adalah Ny. Maria Rudy Ruswoyo selaku Ketua Dharmayukti Karini Cabang Kuala Kurun.

Ny. Maria Rudy Ruswoyo dalam kesempatan tersebut mengungkapkan bahwasannya pengetahuan maupun ilmu seputar masalah kekerasan rumah tangga dan perlindungan anak sangat penting karena setiap tahunnya kasus kekerasan dalam rumah tangga semakin meningkat dan korbanya sebagian besar adalah perempuan dan anak.  “Kekeraan dalam rumah tangga tertuang dalam UU Nomor 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga. Di dalam UU tersebut dibahas lebih lanjut mengenai KDRT. Perempuan atau istri sangat rentan menjadi korban dari adanya kekerasan dalam rumah tangga walapun ada juga justru sebaliknya seorang laki-laki juga ada yang menjadi korban. Adapun empat kategori kekerasan dalam rumah tangga diantaranya adalah kekerasan secara fisik, kekerasan secara psikis, kekerasan seksual serta kekerasan ekonomi. Penting bagi kita semua untuk mengenal lebih lanjut tentang permasalahan seputar KDRT hal tersebut agar selalu terciptanya keutuhan rumah tangga yang harmonis dan sejahtera’, ujar Ny. Maria Rudy Ruswoyo dalam sesi pemaparan materinya. 

Ny. Salasisah salah satu anggota Dharmayukti Karini cabang Kuala Kurun juga mengungkapkan bahwasanya kedepannya berharap kasus maupun permasalahan mengenai kekerasan dalam rumah tangga tidak semakin meluas karena dampak yang ditimbulkan dengan adanya kekerasan dalam rumah tangga akan menimbulkan kesengsaraan yang berkepanjangan. 

Setelah agenda sosialiasai selesai, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian laporan capaian dari empat seksi Dharmayukti Karini cabang kuala kurun selama satu tahun perjalanan kepengurusan dharmayukti karini cabang Kuala Kurun. “Saya berharap apa yang kita sudah capai dalam tahun ini dapat ditingkatkan kembali di tahun depan.perlu diingat bahwasanya pada tahun ini kita juga mendapatakan apresiasi yaitu mendapatakan juara harapan satu dalam lomba tertib administrasi dharmayukti karini sewilayah Kalimantan tengah, semoga ditahun kedepannya kita dapat lebih berprestasi lagi kembali. dalam kesempatan ini saya juga tak pernah bosan berpesan untuk seluruh anggota dharmayukti karini cabang kuala kurun agar selalu menjaga kekompakan dan selalu aktif dalam mengikuti seluruh kegiatan dharmayukti” tambah Ny. Maria Rudy Ruswoyo.

Kegiatan acara pertemuan Dharmayukti Karini cabang Kuala Kurun ditutup dengan adanya kegiatan seputar tutorial penggunaan make up bagi wanita yang dipandu oleh salah satu pegawai produk kosmetik ternama di Indonesia.  

Bravo Pengadilan Agama Kuala Kurun – (UN – TI)