header pta Baru

Komitmen Mewujudkan Aparatur Pengadilan Yang BerAKHLAK

Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya Berkomitmen Mewujudkan Aparatur Pengadilan Yang BerAKHLAK
Komitmen Mewujudkan Aparatur Pengadilan Yang BerAKHLAK

PTA Palangkaraya Siap Sukseskan Program Prioritas Ditjen Badilag

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama telah menetapkan program prioritas Tahun 2023 1. Penguatan Integritas 2. Penguatan Kelembagaan 3. Penguatan SDM 4. Penguatan Pemanfaatan TI Ayoo dukung untuk menuju Peradilan Agama Modern Berkelas Dunia
PTA Palangkaraya Siap Sukseskan Program Prioritas Ditjen Badilag

Laporkan

Jika anda mengalami keluhan dan ada dugaan pungutan di luar ketentuan PENGADILAN slahkan adukan melalui nomor berikut 081212367307 Jangan khawatir kerahasiaan identitas anda kami jaga dan lindungi
Laporkan

DAYAK CANTIK

Situs Dayak Cantik (Data Aplikasi Aktual Dan Teknologi Informasi Kemitraan) adalah Inovasi layanan PTA Palangkaraya yang bertujuan memberikan informasi layanan-layanan Pengadilan yang ada di Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya
DAYAK CANTIK

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

e - Court Pendaftaran Perkara Online

Pengertian e-Court Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e - Court Pendaftaran Perkara Online
  • 1

MAKLUMAT PELAYANAN 2022.png

KETUA TIM ASSESMEN EKSTERNAL PTA PALANGKA RAYA : SUDAH BAIK, NAMUN HARUS DITINGKATKAN

Posted in Sukamara

Posted in Sukamara

KETUA TIM ASSESMEN EKSTERNAL PTA PALANGKA RAYA : SUDAH BAIK, NAMUN HARUS DITINGKATKAN

Tim Assesmen Ekternal PTA Palangka Raya berfoto bersama Seluruh Aparatur PA Sukamara

Sukamara | PA Sukamara (Senin, 25 Nopember 2019). Pekan lalu, hari Senin tanggal 18 Nopember 2019 pukul 08.30 wib, Pengadilan Agama (PA) Sukamara kedatangan Tim Assesmen Ekternal Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Palangka Raya. Kedatangan Tim yang mendapat mandat melaksanakan Observasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) pada PA Sukamara berdasarkan Surat Tugas Ketua PTA Palangka Raya Nomor W16-A/1428/KP.04.6/XI/2019 Tanggal 8 Nopember 2019 tersebut, dipimpin oleh Drs. M. Sidiq, M.H, Panitera PTA Palangka Raya.

Pertama kali menginjakkan kakinya di Teras PA Sukamara, Tim Assesmen Ekternal PTA Palangka Raya di sambut dengan pengaluangan Tanda Pengenal untuk Tamu dan Syal Kain khas Kotawaringin yang dilakukan oleh Ketua PA Sukamara M. Arqom Pamulutan, S.Ag. M.A. Setelah Drs. M. Sidiq, M.H. selaku Lead Assessor, kemudian secara berurutan pelaksanaan pengalungan beralih kepada Mauliannor, S.Ag. (Kabag Umum dan Keuangan), Lisnawatie, S.H. (Panitera Pengganti), dan terakhir kepada Sofyansaleh Efriyono, S.Pd.I. (Kasubag Tata Usaha Dan Rumah Tangga) yang ketiganya merupakan Pendamping Assesor.

Pasca semuanya mengisi Daftar Buku Tamu, Tim langsung menyebar melakukan Observasi Implemantasi APM. Drs. M. Sidiq, M.H., Mauliannor, S.Ag., dan Sofyansaleh Efriyono, S.Pd.I. melakukan pengamatan langsung atas kondisi kantor dan eviden-evden APM yang tertempel rapi di dinding dan tempat-tempat strategis lainnya di Kantor PA Sukamara. 

Sementara Lisnawatie, S.H. langsung mengarahkan perhatiannya kepada Meja PTSP PA Sukamara. Setelah ia melakukan wawancara dengan Petugas PTSP, ia langsung bergerak cepat untuk beralih mewancarai sebagian para pihak yang kebetulan pada hari tersebut sedang akan bersidang atas perkaranya dan atau menjadi saksi. Sejauh pantauan Jurdilaga PA Sukamara, Lisnawatie sempat mewancarai tiga Pengunjung, dua pihak beperkara dan satunya pihak keluarga.

Tampak Lisnawatie, S.H. selaku Pendamping Assesor sedang melakukan pengamatan dan wawancara secara langsung kepada Petugas PTSP PA Sukamara

Dari sejak awal memang kedatangan Tim Assesmen Ekternal kali ini dikondisikan pada hari-hari di mana Pengadilan Agama yang hendak dilakukan Observasi Implementasi APM dipastikan ada pelaksanaan persidangan yang akan dilangsungkan.

Dalam kesempatan closing meeting yang dilangsungkan di Ruang Sidang Utama PA Sukamara, Lisnawatie menyampaikan hasil Observasinya terkait PTSP. Panitera Pengganti PTA Palangka Raya tersebut menyampaikan terkait Budaya 3 S (Senyum Salam Sapa) bagi dan oleh Petugas PTSP yang harus ditingkatkan, dan menyampaikan pula terkait transparansi atau informasi perincian penggunaan panjar biaya kepada para pihak beperkara. “Kalau perlu datangkan Petugas Pelayanan di Bank untuk memberikan pelatihan kepada para Petugas PTSP”, tegasnya saat menggambarkan idealnya attitude yang harus dimiliki oleh Petugas PTSP.

“Memang senyatanya transparansi panjar biaya perkara telah diimplementasikan oleh PA Sukamara yakni dengan menempelkan detail Panjar Biaya di Dinding dekat PTSP, namun yang saya maksud adalah ada baiknya, semata lebih memaksimalkan transparansi tersebut, adalah pembuatan dan atau pemberian perincian tentang peruntukkan atas panjar biaya yang dibayarkan oleh para pihak beperkara, kepada setiap pihak beperkara yang akan beracara di PA Sukamara tersebut”, lanjut perempuan asli Kalimantan Tengah tersebut.

Sementara Mauliannor, S.Ag. dalam kesempatan penyampaian hasil observasinya menyampaikan terkait ketertiban pengisian absensi manual bagi mereka yang kelupaan absen manual setelah melakukan finger scan. “Tadi saya menemukan, ada absensi manual yang tidak langsung diisi oleh mereka yang kelupaan absen, tolong yang seperti itu ditertibkan !, pintanya

Tim Assesmen Ekternal PTA Palangka Raya menyampaikan hasil observasinya

Adapun Sofyansaleh Efriyono, S.Pd.I. dalam penyampaian hasil observasinya siang itu menyampaikan hal-hal terkait strategi untuk memudahkan atau meringankan implementasi APM. “Rencanakan, Kerjakan, Evaluasi, dan Perbaiki !”, jelas Pendamping Assesor yang telah masuk dalam Tim Assesmen Nasional tersebut.

Diakhir penyampaian hasil Observasi, Lead Assesor Drs M. Sidiq, M.H. menyatakan kesimpulannyas atas implementasi APM di PA Sukamara. “Sudah baik namun harus ditingkatkan. Maksudnya, kita harus benar-benar merubah orientasi kita, dari yang sebelumnya dilayani menjadi untuk dilayani”, tegas Panitera Asli NTB tersebut. 

“Tulislah apa yang dikerjakan !, dan Kerjakanlah apa yang ditulis !”, pesan M. Sidiq mengakhiri sesi penyampaian hasil Observasi siang itu.

Usai penyampaian hasil-hasil Observasi oleh Tim Assesmen Ekternal PTA Palangka Raya, maka giliran Ketua PA Sukamara merepresentasikan gambaran singkat dan capaian-capaian tentang Pengadilan Agama Sukamara. Presentasi yang disampaikan dengan apik oleh M. Arqom Pamulutan, S.A., M.A. tersebut menguraikan tentang Visi Misi Motto, Struktur Organisasi, Peta Yurudiksi, Keadaan Perkara, Keadaan Pegawai, Struktur Tim APM, Kekuatan dan Tantangan PA Sukamara, Capaian yang telah dilaksanakan pada 7 area, dan Aplikasi Inovasi PA Sukamara. 

Rangkaian acara Evaluasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) oleh Tim Assesmen Ekternal PTA Palangka Raya pada hari itu, ditutup dengan yel-yel. “Mahmakah Agung , Unggul !; Badilag, Jaya !; PA Sukamara, Permata !”, teriak Seluruh Aparatur PA Sukamara membahana memenuhi suasana sore mendung Kantor PA Sukamara hari itu.  

Untuk diketahui, PERMATA adalah julukan lain dari Kabupaten Sukamara sebagai Kota Permata. Dan PA Sukamara mengadopsinya untuk dijadikan sebagai Motto yang ia merupakan akronim dari Profesional, Elegan, Ramah, Mandiri, Akuntabel, Transparan, dan Amanah.

Dan Alhamdulillah, kala jarum jam menunjukkan pukul 15.30, Tim Assesmen Ekternal PTA Palangka Raya tuntas sempurna melaksanan tugas yang diamanatkan Ketua PTA Palangka Raya dalam rangka Observasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) pada PA Sukamara. Untuk kemudian Tim langsung menuju PA Nanga Bulik yang berkedudukan di Kabupaten Lamandau, Kabupaten yang memang saudara seinduk dengan PA Sukamara. (JurdilagaPA.Skr-arw)

  • Prosedur Perkara
  • Prosedur Informasi
  • Prosedur Pengaduan
  • LANPION

Prosedur Perkara Tingkat Banding

 

Selengkapnya

Layanan Informasi

Selengkapnya

Prosedur Pengaduan

Berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada dibawahnya.

Dijelaskan pada pasal 1 ayat 1  bahwa pengaduan adalah laporan yang mengandung informasi atau indikasi terjadinya pelanggaran terhadap :

Selengkapnya

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Hakim Tinggi PTA Palangka Raya
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Hakim Tinggi
PA Buntok terpilih sebagai Satker Berkinerja Terbaik Tahun 2023
PA Buntok terpilih sebagai Satker Berkinerja Terbaik Tahun 2023
Penyerahan penghargaan kepada Satuang Kerja Berkinerja Terbaik pada RAKORDA 29 Januari 2024
Ketua PTA Palangkaraya Kunjungi Pelayangn PTSP PA Sukamara
Ketua PTA Palangka Raya lakukan Pembinaan dan Pengawasan di PA Sampit
Ketua PTA Palangka Raya lakukan Pembinaan dan Pengawasan di PA Sampit
Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Gedung PA Kuala Pembuang
Monitoring dan Tinjau Persiapan Operasional Gedung PA Nanga Bulik
Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Gedung PA Sukamara
Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Gedung PA Pulang Pisau
Foto bersama Ketua dan Wakil Ketua PTA Palangkaraya dengan seluruh Ketua PA se Kalimantan Tengah
Foto bersama Pejabat yang baru dilantik dengan seluruh Hakim Tinggi PTA Palangkaraya
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Wakil Ketua PTA Palangkaraya Drs. H. Ketut Madhuddin Djamal, S.H., M.H
Silaturahmi bersama Ketua Mahkamah Agung dan melaporkan progress Pembangunan Gedung diwilayah Kalteng
Selasa, 5 Desember 2023 | Koordinasi Pimpinan PTA Palangka Raya & PA se-Kalteng dengan Kepala Biro Keuangan
Koordinasi Pimpinan PTA Palangka Raya & PA se-Kalteng dengan Kepala Biro Keuangan
Silaturahmi bersama Ketua Mahkamah Agung dan melaporkan progress Pembangunan Gedung diwilayah Kalteng
Apel Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95
Giat Pembinaan dan Pengawasan di PA Tamiang Layang (28 Agustus sd 01 September 2023)
Giat Pembinaan dan Pengawasan di PA Nanga Bulik
Pembinaan dan Pengawasan di PA Palangkaraya
Konsolidasi data usulan RKBMN dengan Biro Perlengkapan Mahkamah Agung RI atas usulan seluruh satker diwilayah PTA Palangka Raya
YM Prof. Dr. Drs. H. Amran Suadi, SH., MH., MM serahkan buku karyanya kepda Ketua PTA Palangkaraya
Ketua PTA Palangkaraya beri sambutan pada saat acara Pembinaan YM Ketua Kamar Agama MA RI
Penandatanganan MOU antara IAIN Palangkaraya dan PTA Palangkaraya
PTA Palangkaraya tanda tangani MOU bersama IAIN Palangkaraya
Tuaka Mahkamah Agung RI sebagai Narasumber Acara Dosen Tamu di Kampus IAIN Palangkaraya
Tuaka Mahkamah Agung RI sebagai Narasumber Acara Dosen Tamu di Kampus IAIN Palangkaraya

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media