Palangka Raya || www.pta-palangkaraya.go.id

Diantara amalan yang paling dianjurkan pada bulan Ramadhan adalah Tadarus Al-Qur’an. Tadarus Al-Qur’an adalah aktivitas interaksi terhadap Al-Qur’an, baik dengan membacanya, memahaminya, mengkhatamkannya, mendengarnya, mentadabburinya, menghafalnya dan mempelajarinya. Selama ini tadarus al-Qur’an dipahami hanya sebatas membaca dan mengkhatamkan Al-Qur’an. Padahal tidak demikian.Semua aktivitas yang berkaitan dengan Al-Qur’an ini bertujuan untuk mengamalkan Al-Qur’an. 

Dalam Rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah mengadakan Tadarus Al-Quran yang telah dibentuk oleh Tim dan dipimpin oleh masing-masing Hakim Tinggi Pendamping Tadarus Al-Quran.

Tujuan dilaksanakannya Tadarus Al-Quran ini adalah untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan dan juga sebagai ajang belajar bagi para pegawai ataupun karyawan/i Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah untuk lebih mendalami dan memahami serta memperlancar bacaan al-quran. Masing-masing kelompok diberikan 1 Juz untuk diselesaikan dan lanjut jika telah menyelesaikan 1 Juz tersebut sehingga direncakan dapat menghatamkan Al-Quran sebelum Bulan ramadhan ini berakhir. 

Direncanakan kegiatan ini dilaksanakan setiap hari selama bulan ramadhan / 5 Hari Kerja dan pada siang harinya diadakan kegiatan Kultum atau Siraman Rohani bagi seluruh Pegawai dan Karyawan/i Pengadialan Tinggi Agama Kalimantan Tengah . Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci karena pada Bulan Ramadhan ini segala amal kebaikan kita akan dicatat dan akan dilipat gandakan pahalanya sehingga sudah sepatutnya pada Bulan yang suci ini di isi dengan kegiatan-kegiatan yang bernilai positif.

Semoga kita semua dapat menyelesaikan Bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya agar semua dosa-dosa kita terhapuskan dan kita menjadi diri yang Fitrah selayaknya bayi yang baru dilahirkan. Amiin

(Tim Redaksi)