www.pta-palangkaraya.go.id

Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah, H. Helmy Thohirr, M.H menjadi Inspektur dalam upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-110 di Halaman Depan Kantor Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah, Senin (21/05/2018).

Upacara tersebut diikuti oleh seluruh aparatur Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah, Pengadilan Agama dan Pengadilan Tata Usaha Negara Palangka Raya.

Dalam sejarahnya setiap tanggal 20 Mei, Bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) yang ditetapkan pada tahun 1948 dan selalu diperingati setiap tahunnya.

Hari Kebangkitan Nasional menjadi momentum perjuangan seluruh rakyat di tanah air, yang ditandai dengan kelahiran organisasi Boedi Oetomo pada tahun 1908.

Organisasi Boedi Oetomo yang didirikan pada tanggal 20 Mei 1908 merupakan organisasi yang bergerak dibidang sosial, ekonomi dan kebudayaan yang dianggap menjadi cikal bakal gerakan yang bertujuan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

Kelahiran Boedi Oetomo telah menjadi tonggak yang menumbukan semangan perjuangan, sekaligus menjadi inspirasi berdirinya berbagi organisasi di seluruh pelosok tanah air, baik yang bersifat kedaerahan, politik, keagamaan, serikat pekerja, kewanitaan maupun kepemudaan. (sim/tim redaksi).