Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah (2 dari kanan) saat memberikan pengarahan

Palangka Raya - Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah, Drs.H. Helmy Tohir memimpin Rapat Evaluasi Kinerja Kesekretarian, di Aula Lantai I Kantor Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah, Kamis (16/11/2017).

Rapat tersebut dihadiri oleh Sekretaris, Pejabat Struktural di Bagian Kesekretariatan beserta seluruh stafnya dan Tenaga Kontrak Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah.

Helmy Tohir dalam sambutannya menekankan mengenai peningkatan kedisiplinan pegawai, khususnya dibagian kesekretariatan dengan menaati segala peraturan yang berlaku berdasarkan Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI No. 1 Tahun 2017.

Selain itu beliau juga menginformasikan bahwa untuk menunjang kedisiplinan para pegawai, pada tahun 2018 nanti jika sudah mendapat persetujuan dari pimpinan akan diterapkan laporan atau rapot penilaian abensi seluruh pegawai, dengan 3 (tiga) warna indikator penilaian yaitu Merah, Kuning dan Hijau.

Laporan atau rapot pernilaian absensi tersebut bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kedisiplinan seluruh pegawai dalam hal kehadiran, seperti ketepatan waktu jam masuk dan jam pulang kantor.

Mengenai pengawasan, Helmy Tohir menjelaskan bahwa pelanggaran yang terjadi itu dikarenakan 2 (dua) hal, yaitu kelalaian dan ketidakpahaman terhadap aturan.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah, Mukti Ali, S.Ag., M.H melakukan evaluasi kinerja tahun 2017 dari seluruh Bagian di Kesekretariatan. Evaluasi tersebut menitikberatkan pada capaian berdasarkan program kerja tahun 2017, uraian tugas dan standar operasional prosedure dari masing-masih sub bagian.

Hasil evaluasi yang disampaikan oleh Mukti Ali senada dengan apa yang telah disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah, yaitu peningkatan dalam hal kedisiplinan pegawai baik dari unsur Pimpinan hingga Tenaga Kontrak, kemudian peningkatan dalam capaian realisasi anggaran dan adanya inovasi-inovasi untuk meningkatkan mutu kualitas kinerja para pegawai dan pembaharuan di Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah.

Diakhir rapat tersebut seluruh sub bagian menyampaikan laporan kinerja dan kendala-kendala yang dihadapi pada tahun 2017, serta rencana kerja yang akan dilakukan pada tahun 2018. (zsu)