Berita Terkini

Kunjungan IAIN Palangka Raya Fakultas Syariah di PTA Kalimantan Tengah

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

www.pta-palangkaraya.go.id - Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah kembali mendapat kunjungan dari IAIN Palangka Raya, kali ini adalah dari  Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya,   Rombongan yang terdiri dari Dekan, Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi Syariah,  Dosen, Kepala Bagian Tata Usaha dan 6 Alumni Fakultas Syariah  dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Syariah H. Syaikhu, M.HI. kedatangan rombongan dari Fakultas Syariah tersebut disambut hangat dan antusias oleh Ketua PTA Kalimantan Tengah Drs. H. Sarif Usman, SH., MH dan seluruh Jajaranya  di Aula lantai 1 PTA Kalimantan Tengah pada senin tanggal 13 November 2017.

Dalam pengantarnya H. Syaikhu, M.HI  menyampaikan maksud dari kedatangan rombongan disamping untuk silahtuhrahmi juga bermaksud mengantar  dan memperkenalkan 6 Alumni Mahasiswanya Fakultas Syariah yang telah berhasil lulus test Calon Hakim di Lingkungan Mahkamah Agung beberapa saat lalu. Dan ini adalah suatu prestasi yang membanggakan bagi Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya karena dari sekian banyak pelamar diseluruh Indonesia ada 6 Alumni Mahasiswanya yang masuk lulus test tersebut.  hal tersebut membuat optimis Dekan Fakultas Syariah  bahwa ini peluang besar dari para  Alumni Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya untuk  berkontribusi menyumbangkan Alumninya untuk menjadi Calon Hakim di Pengadilan Agama di Lingkungan Mahkamah Agung dan menjadi semangat bagi calon mahasiswa yang masuk di Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya. 

Lebih lanjut  Ketua Jurusan Syariah mengharapkan kedepan ada kerja sama yang lebih dalam lagi dalam hal peningkatan Skill dan Kopetensi Mahasiswa Fakultas Syariah dengan Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah, terutama pada  mahasiswa yang mengambil Program Studi Hukum Syariah agar dapat magang atau penelitian di lingkungan Pengadilan Tinggi Agama atau Pengadilan Agama Kalimantan Tengah, karena selama ini yang menjadi kendala di Fakultas Syariah kesulitan menyalurkan mahasiswa yang akan magang di Instansi yang berhubungan dengan keilmuan Hukum Ekonomi Syariah  khususnya.

Senada dengan hal tersebut  Ketua PTA Kalimantan Tengah menyambut baik  dengan tangan terbuka jika  Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya ingin mengirimkan mahasiswanya untuk Penelitian, magang atau PKL di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama  atau Pengadilan Agama di seluruh wilayah Kalimantan Tengah, hanya saja Ketua PTA Kalimantan Tengah berpesan  agar mahasiswa yang praktek atau magang lebih konsen mengambil ilmu Ekonomi Syariahnya atau administrasi perkara dan administrasi persidangannya bukan praktek masalah Cerainya. Karena seperti kita tahu orang lebih mengenal Pengadilan adalah tempat orang bercerai padahal kewenangan Pengadilan Agama  adalah lebih dari itu,  kewenangannya peradilan agama   juga  menangani perkara Ekonomi Syariah seperti yang diatur dalam Perma Nomor 14 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelesaian  Perkara Ekonomi Syariah.

Lebih lanjut Sarif Usman memberikan pembekalan dan pesan-pesan kepada para Lulusan Fakultas Syariah yang telah lulus test  Calon Hakim  bahwa sebagai Calon Hakim pertama agar mempersiapkan Fisik dan Mental karena setelah lulus TEST Cakim ini akan ada Pendidikan Cakim yang memerlukan fisik dan mental  yang kuat.

Dan harapan kita bersama bahwa calon-calon Hakim ini kelak akan menjadi penerus untuk melanjutkan perjuangan mewujudkan peradilan yang Agung di Indonesia dan memberikan keadilan bagi pencari keadilan di negeri ini.

Setelah Acara  Tanya jawab antara Alumni Fakultas Syariah dan para Hakim Tinggi  acara dilanjutkan dengan  pertukaran cindera mata antara Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya dan PTA Kalimantan Tengah dan acara ditutup dengan sesi foto bersama (redaksi PTA Kalimantan Tengah/SI)

Tags:

Cari