Berita Terkini

Sukseskan Progam Badilag PA-Se Kalteng Siap Melaksanakan SAPM

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Komitmen bersama seluruh Ketua Pengadilan Agama dan Aparatur di Wilayah PTA Kalimantan Tengah Untuk Melaksanakan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama

Palangka Raya - Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah, Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H Didampingi Wakil Ketua PTA Kalimantan Tengah Drs. H. Helmy Thohir, MH memimpin rapat Koodinasi dan Pernyataan Bersama segenap pimpinan dan aparatur Pengadilan Agama se Wilayah Hukum PTA Kalimantan Tengah untuk berkomitmen melaksanakan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama 

Rapat diikuti oleh seluruh Hakim Tinggi, Seluruh Pejabat PTA Kalimantan Tengah, Seluruh Ketua Pengadilan Agama di Kalimantan Tengah, Panitera dan Sekretaris  PA se Kalimantan Tengah.

Dalam arahannya Ketua PTA Kalimantan Tengah mengintruksikan  kepada seluruh jajarannya agar senantiasa bekerja secara profesional terutama dalam menyongsong pencapaian Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama yang tengah gencar-gencar disosialisasikan  Badilag dan peradilan yang ada dibawahnya.

Kendati tidak semua Pengadilan Agama yang ada di Kalimantan Tengah memiliki sarana dan prasarana yang memadai, namun dengan komitmen dan kemauan kita yang kuat akan terus maju untuk mewujudkan pencapaian sehingga diharapkan beberapa PA yang ada di wilayah Kalimantan Tengah mendapatkan Sertifikasi Akrediasi Penjaminan Mutu.

Senada dengan hal tersebut Wakil Ketua PTA Kalimantan Tengah Drs. H. Helmy Thohir, MH menambahkan bahwa Fasilitas yang minim bukan menjadi hambatan  kita untuk berkreatifikas, namun kita harus lebih bersemangat  lagi untuk berkreatifikas tinggi dengan keterbatasan tersebut sehingga kinerja  di Pengadilan Agama dapat berjalan baik.

lebih lanjut Helmy Thohir menyampaikan bahwa Komitmen bersama dalam mewujudkan Pengadilan Agama  Bersertifikasi Akrediasi Penjaminan Mutu yang telah  ditanda tangani hendaknya kita jalankan dengan sebaiknya, jangan hanya diucapkan lewat mulut saja. 

Menurut Sekretaris PTA Kalimantan Tengah Mukti Ali, S.Ag., MH  setidaknya ada beberapa  point penting  yang perlu dipersiapkan  untuk pencapaian Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu :

  1. Adakan rapat persiapan yang melibatkan semua unsur pimpinan di Pengadilan Agama
  2. Menata kembali sarana dan prasarana yang ada sesuai kepentingannya.
  3. Menata kembali tupoksi dan fungsi masing-masing pejabat dan pegawai.
  4. Menata Kembali  SOP dan sesuai dengan standar yang dipersyaratkan dan ditetapkan.
  5. Menata kembali semua arsip baik di Kepaniteraan dan Kesekretariatan baik berupa arsip perkara, arsip tata persuratan, arsip laporan, arsip SK maupun arsip kantor penting lainnya.
  6. Mengikuti bimbingan dari TIM Akreditasi dari PTA /Badilag yang telah   mendapatkan Sertifikasi atau yang telah  lulus sebagai Trainner/Asessor Akreditasi Penjaminan Mutu.

Diakhir acara rapat koordinasi semua peserta memberikan masukan menyampaikan semua permasalahan seputar Akreditasi dan Sekretaris PTA Kalimantan Tengah  akan membawa rangkuman permasalahan tersebut dan akan disampaikan pada acara Pembinaan Lanjutan Asessor/Trainer Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama yang akan digelar Badilag pada akhir bulan ini di Mega Mendung. (Redaksi : SI)

Cari