Berita Terkini

Wakil Ketua PTA Kalimantan Tengah Lakukan Pembinaan dan Pengawasan di PA Pangkalan Bun dan PA Sampit

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Selasa 1 Agustus 2017 rombongan Hakim Tinggi  Pembinaan dan Pengawasan yang terbagi dalam 2 kelompok berangkat melakukan tugas pengawasan ke PA Sampit dan PA Pangkalan Bun. Seperti jadwal yang sudah direncanakan untuk pembinaan dan pengawasan ke PA Sampit  akan dilaksanakan 3  hari, dan PA Pangkalan Bun dilaksanakan selama 4 hari mengingat  letak  kantor PA Pangkalan Bun yang begitu  jauh dan harus ditempuh dengan perjalanan darat yang memakan waktu kurang lebih 10 Jam perjalanan darat.

Pada hari pertama sekitar pukul 11.00 wib  Tim Pembinaan dan Pengawasan PA Pangkalan Bun menyempatkan singgah ke Kantor PA Sampit bersama Waka PTA Kalimantan Tengah Drs. H. Helmy Thohir, SH., MH. Rombongan disambut langsung oleh Ketua PA Sampit Drs. H. Alpian, SH., MHI beserta jajaranya.  Wakil Ketua PTA Kalimantan Tengah dan rombongan setibanya di Pengadilan Agama Sampit  langsung berkeliling meninjau kondisi Kantor  dan melihat proses berjalannya pelayanan publik di kantor tersebut sebelum bertolak dengan Tim Pembinaan dan Pengawasan ke PA Pangkalan Bun yang berjarak sekitar 240 Km dari kota PA Sampit.

Selasa Sore sekitar pukul 18.00   Waka PTA Kalimantan Tengah dan Tim Pembinaan dan Pengawasan yang dikomandoi oleh Hakim Tinggi PTA Kalimantan Tengah Drs. H. Nono Sukarno Nawawi, SH., MH sebagai Ketua Tim, Sekretaris PTA Kalimantan Tengah Mukti Ali, S.Ag., MH sebagai Anggota, H. Muhammad Aini, S.Ag sebagai Anggota, Misran, SH sebagai  sekretaris tim  tiba di Kota Pangkalan Bun. Kota yang  mempunyai semboyan Marunting Batu Aji yang artinya menuju kejayaan adalah sebuah kota yang terletak sebelah barat kota Palangka Raya. Dikarenakan saat sampai Kota Pangkalan Bun sudah menjelang malam  tim akhirnya memutuskan untuk langsung menuju Hotel yang sudah dipesan untuk beristirahat  setelah seharian  hanya duduk di sepanjang perjalanan dan  Ketua Tim  merencakan besok paginya baru melakukan pembinaan dan pengawasan di PA Pangkalan Bun.

Pada hari kedua Wakil Ketua  PTA Kalimantan Tengah dan Tim Pembinaan dan Pengawasan mengadakan pertemuan dengan seluruh pejabat dan pegawai di PA pangkalan Bun didampingi Ketua PA Pangkalan Bun Drs, Mahdi, SH., MH.  Dalam arahannya Waka PTA Kalimantan Tengah menyampaikan pesan dan arahan  Ketua PTA Kalimantan Tengah  Drs. H. Sarif Usman, SH., MH tentang peningkatan kualitas kinerja layanan di pengadilan agama diantaranya menyusun standar layanan pengadilan sesuai ketentuan KMA 026/KMA/SK/II/2012 dan penerapannya agar dijabarkan dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) serta melakukan evaluasi kerja secara berkala, kemudian   agar Pengadilan Agama Pangkalan Bun mengoptimalkan ruangan yang ada dengan menata secara rapi dan  bersih dan meningkatkan keamanan dan kebersihan baik diruang sidang, ruang tunggu dan ruang-ruang lainnya sehingga memberi kenyamanan bagi pegawai maupun bagi pencari keadilan.

Dan lebih lanjut Waka PTA Kalimantan Tengah mengajak seluruh warga Pengadilan Agama Pangkalan Bun untuk bersama-sama melaksanakan disiplin kerja  dalam diri masing-masing dan mengutamakan kerja sama dalam bekerja dan bukan sama-sama kerja dalam bekerja sehingga tercipta suasana kantor yang harmonis. Dan dalam menjalani pekerjaan kita dituntut harus kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas. Walaupun  dengan fasilitas sarana dan prasarana yang minim di Pengadilan Agama Pangkalan Bun namun dengan kreatifitas dan kerja keras semua unsur niscaya akan membawa manfaat dan kemajuan yang besar.

Kemudian setelah acara pembinaan oleh Wakil Ketua PTA Kalimantan Tengah Tim Pembinaan dan Pengawasan langsung berbagi tugas untuk melakukan pengawasan dan pengecekan di semua bagian untuk mengumpulkan data – data dan memberikan catatan-catatan terhadap hasil kinerja yang telah dilakukan di Kepaniteraan dan Kesekretariatan baik yang dianggab sesuai maupun yang tidak sesuai dengan ketentuan dan melakukan evaluasi serta koreksi terhadap kekurangan yang ada. Dan temuan-temuan tersebut akan dilaporkan kepada Ketua PTA Kalimantan Tengah dalam bentuk Laporan Hasil Pengawasan yang nantinya akan dikirim kembali ke Pengadilan Agama Pangkalan Bun untuk segera diperbaiki  temuan-temuan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Ditempat yang sama pula Sekretaris  PTA Kalimantan Tengah Mukti Ali, S.Ag. MH mensosialisasikan secara singkat, padat dan jelas mengenai Standar Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama. Sosialisasi ini adalah awal pembuka dan nanti selanjutnya Tim khusus yang membidangi Sosialisasi Sertifikasi Akreditasi ini akan kembali turun ke daerah untuk melakukan sosialisasi dan pendampingan secara khusus dan detail lagi. Sekretaris PTA Kalimantan Tengah  banyak menekannkan hal-hal khusus yang harus dipersiapkan dan kiat-kiat untuk mendapatkan sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama.

Pada saat ekspose hasil Pengawasan, Ketua Tim Drs. H. Nono Sukarno Nawawi, SH., MH menyampaikan   bahwa tujuan pengawasan ini bukan untuk mencari kesalahan-kesalahan namun lebih mengarah kepada  tunjuan untuk membangun Pengadilan Agama Pangkalan Bun  lebih baik lagi kedepannya dan pengadilan agama se Kalimantan Tengah khususnya.  Semoga koreksi dan evaluasi yang diberikan mampu meningkatkan kualitas pelayanan yang ada di Pengadilan Agama Pangkalan Bun. (SI-redaksi PTA Kalimantan Tengah)

©2017 Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah. All Rights Reserved.

Cari