www.pta-palangkaraya.go.id

Jumat, 06 Oktober  2017, seluruh  Satker Peradilan Agama se Wilayah Kalimantan Tengah kembali memperebutkan Piala KPTA Cup VIII 2017. Turnamen Tenis  KPTA Cup  VIII 2017 digelar untuk mencari bibit-bibit baru dan unggul dan akan dipersiapkan Pengurus Daerah PTWP  PTA Kalimantan Tengah untuk mengikuti Turnamen   Tenis Piala Ketua Mahkamah Agung tahun 2018.

Read more ...

Senin, 1 Oktober 2018 bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah Dalam Acara Pisah Sambut Wakil Ketua Bapak Drs. H. Helmy Thohir, MH dan Hakim Tinggi Drs. H. Nono Sukarno Nawawi, MH Juga Sekaligus Panitera Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah Bapak Drs. Darmadi sebagai Panitera di Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dan menyambut Bapak Dr. H. Imron Rosyadi, SH.,MH sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah yang baru sebelumnya beliau bertugas sebagai Hakim Tinggi PTA Medan, disamping itu juga menyambut Panitera yang baru Drs. M. Sidiq, M.HI yang sebelumnya Panitera PTA Jayapura.

Read more ...

 

Tim Wasbinda PTA Kalimantan Tengah menyempatkan diri berfoto di atas Tanah Hibah

untuk Pembangunan Gedung Kantor Pengadilan Agama Sukamara

 

Sukamara | PA. Sukamara (Senin, 29/4)

Kerap kali Pengadilan itu berkedudukan jauh setelah berdirinya Pemerintahan Kota/Kabupaten di mana Pengadilan itu sendiri berkedudukan, sehingga terkadang secara letak, Pengadilan tersebut sebagai lembaga yudikatif tidak berkedudukan di tempat atau tata letak yang seharusnya berada sebagai salah satu pilar demokrasi selain lembaga eksekutif dan legislatif.

Menyadari akan hal itu, Pengadilan Agama Sukamara yang secara umur berkedudukan masih sekira enam bulan, sementara Pemerintahan Kabupaten Sukamara sendiri telah berdiri atau berkedudukan sejak bulan April tahun 2002 lalu atau sekira tujuh belas tahun yang lalu, melakukan komunikasi dan koordinasi yang intens dengan Pemerintahan Kabupaten Sukamara dalam menyiapkan lahan yang representatif untuk pembangunan Gedung Kantor Pengadilan Agama Sukamara.

Setelah sebulan sebelumnya menjalin komunikasi dan koordinasi, pilihan jatuh pada lahan kosong yang terletak di Jalan Tjilik Riwut KM. 7 Sukamara dengan luas 7.750 M² (Lebar 40/60 Panjang 150/160) yang mana tanah tersebut sungguh terletak ditempat yang sangat strategis, yakni di depan Kantor Bupati Sukamara, sebelah kanannya berjejer Kantor Satuan Manunggal Satu Atap (Samsat), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukamara dan Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sukamara, dan sebelah kirinya Kantor Kejaksaan Negeri Sukamara dan Polres Sukamara, sementara dibelakangnya adalah Perumahan Polres Sukamara.

Dan bak gayung bersambut, proses Hibah Tanah untuk pembangunan Gedung Kantor Pengadilan Agama Sukamara tersebut berjalan dengan lancar. Di mana pada tanggal 21 Januari 2019 lalu Naskah Perjanjian Hibah dan Berita Acara Serah Terima atas Tanah Hibah di atas rampung, setelah sebelumnya empat hari pasca Peresmian Operasional Pelayanan Pengadilan Agama Sukamara, yakni pada tanggal 30 November 2018 Pengadilan Agama Sukamara mengajukan Surat Permohonan Hibah Tanah (selengkapnya baca http://www.pa-sukamara.go.id/seputar-peradilan/269-sah-pengadilan-agama-sukamara-dapat-hibah-tanah-untuk-pembangunan-gedung-kantor dan http://www.pa-sukamara.go.id/seputar-peradilan/283-serah-terima-hibah-tanah).

 

Hakim Tinggi (Drs. H. Ahmad Akhsin, S.H., M.H.) & Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian PTA Kalimantan Tengah (Mursidi, S.H.) saat meninjau langsung Lokasi Tanah Hibah

Terhadap lokasi Tanah Hibah dari Pemerintahan Kabupaten Sukamara tersebut yang memang ke depannya -syukur-syukur dalam waktu dekat- akan dibangun Gedung Kantor Pengadilan Agama Sukamara, Tim Wasbinda PTA Kalimantan Tengah (Drs. H. Ahmad Akhsin, S.H., M.H., Hakim Tinggi PTA Kalimantan Tengah selaku Ketua Tim; Mursidi, S.H., Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian PTA Kalimantan Tengah selaku Anggota Tim dan; Saiful Imron, S.Kom. Pranata Komputer di PTA Kalimantan Tengah selaku Anggota Tim) menyatakan dukungannya dengan jelas.

Dukungan tersebut terungkap saat Tim Wasbinda PTA Kalimantan Tengah melakukan peninjauan lokasi di Tanah Hibah tersebut, sesaat setelah undur dari kunjungannya dengan Wakil Bupati Sukamara (H. Ahmadi, S.H.) di Rumah Jabatan Wakil Bupati Sukamara, yang memang secara arah menunju kantor sementara Pengadilan Agama Sukamara terlintasi.

“Kalau di sini tempatnya sungguh bagus sekali, strategis bahkan. Tentu kami sangat mendukung untuk dibangunnya Gedung Kantor Pengadilan Agama Sukamara di atasnya”, ucap Drs. H. Ahmad Akhsin, S.H., M.H. tidak lama setibanya di lokasi tanah hibah.

Sementara Mursidi, S.H., selaku Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian PTA Kalimantan Tengah pun tidak ketinggalan mengungkapkan dukungannya untuk pembangunan Gedung Kantor Pengadilan Agama Sukamara di atas Tanah Hibah tersebut, seraya menginstruksikan kepada Sekretaris Pengadilan Agama Sukamara untuk selalu mengawal angaran (DIPA) pembangunannya. 

“Bagus ini, benar-benar berada di lokasi pusat perkantoran Pemerintahan Kabupaten”, ucapnya dengan bangga.

Mengingat, progresnya sekarang telah sampai pada atau sedang dalam proses pengurusan penerbitan sertifikat atas Tanah Hibah tersebut di Kantor Pertanahan Kabupaten Sukamara, maka tentu PA Sukamara berharap nantinya semuanya berjalan sesuai rencana dan endingnya di tengah-tengah Komplek Perkantoran Kabupaten Sukamara akan berdiri gedung megah yang berstandar Mahkamah Agung RI. Amin (arw)

Peserta malakukan login ke aplikasi CAT (Computer Assisted Test)

Palangka Raya - 183 Pelamar total dari 3 (tiga) formasi yang dilamar (Peradilan Umum, Peradilan Agama dan Peradilan Tata Usaha Negara) yang telah lulus tes administrasi rekrutmen CPNS Calon Hakim Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun Anggaran 2017 dengan lokasi lamaran PT/PTA Kalimantan Tengah, melaksanakan seleksi kompetensi dasar menggunakan CAT (Computer Assisted Test) BKN di UPT TI dan Komunikasi Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah. (18/09).

Sebelumnya Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan tengah, H. Arif Supratman, S.H., M.H didampingi Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah, Drs. H. Sarif Usman. S.H., M.H dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Tengah H. Mohammad Idroes, SH., M.HUM, membacakan surat ketua panitia pelaksana seleksi penerimaan calon hakim di Lingkungan Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2017 dan membuka kegiatan tersebut.

Panitia pelaksana terdiri dari Panita Pusat  Mahkamah Agung dan Perwakilan dari BKN Pusat serta Panitia Daerah yang terdiri dari Pegawai Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah serta Pengadilan Tata Usaha Negara Palangka Raya.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dibagi menjadi 4 sesi, masing-masing sesi berdurasi 1 Jam 40 menit dengan diikuti 50 peserta pada sesi 1-3 dan sesi ke 4 diikuti oleh 33 peserta. Informasi yang diberikan panitia pelaksana, jumlah peserta yang hadir sebanyak 176 orang dan 7 orang peserta yang tidak hadir. Kemudian hasil dari seleksi tersebut, peserta yang memenuhi syarat kelulusan SKD sebanyak 21 orang dari total 3(tiga) formasi yang dilamar. (zsu/drj)

www.pta-palangkaraya.go.id

Usai libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah di pimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah, Drs. H. Sarif Usman, S.H., M.H melaksanakan apel perdana di Halaman Depan Kantor Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah, Kamis (21/06/2018).

Read more ...