logo pta5

TEKNIS PEMERIKSAAN, KELENGKAPAN DOKUMEN DAN MINUTASI BERKAS PERKARA PADA PENGADILAN AGAMA

Written by Edi on . Posted in Artikel Hukum

Written by Edi on . Hits: 64Posted in Artikel Hukum

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

TEKNIS PEMERIKSAAN, KELENGKAPAN DOKUMEN DAN MINUTASI BERKAS PERKARA

PADA PENGADILAN AGAMA

 

Dengan mengucap syukur al hamdu lillahi robbil ‘alamiin, penyusun dapat menyajikan tulisan dengan judul “Teknis Pemeriksaan, Kelengkapan Dokumen Dan Minutasi Berkas Perkara Pada Pengadilan Agama”. Tulisan ini hanyalah sekedar dalam bentuk sederhana dan jauh dari standar karya ilmiah. Isi tulisan ini kebanyakan dilatar belakangi oleh pengalaman pribadi dalam memeriksa dan mengadili perkara pada tingkat pertama maupun pada tingkat banding.

     Sebagai praktisi peradilan, penulis mempunyai pengalaman ketika menjadi obyek pemeriksaan reguler oleh Hakim Tinggi Pengawas Daerah. Sering terjadi, hasil pemeriksaan Hakim Tinggi Pengawas Daerah yang baru berjalan, berbeda dengan hasil pemeriksaan Hakim Tinggi Pengawas Daerah sebelumnya. Hal yang demikian itu, akan membingungkan dan menimbulkan pertanyaan aparatur pengadilan agama. Hasil pengawasan yang mana yang harus dipedomani untuk melakukan tindak lanjut maupun untuk melaksanakan pekerjaan yang sama untuk waktu mendatang.

     Sebagai Hakim Pengawas Daerah, penulis akan menjadi salah tingkah ketika menemukan hasil pemeriksaan yang lampau nyata-nyata bertentangan dengan kaidah hukum maupun berbeda dengan cara berfikir logis. Kasus yang seperti ini akan menjadi delima tanpa ujung. Umpamanya, akan menyalahkan hasil pemeriksaan yang lampau, terasa tidak enak karena menyalahkan hasil pemeriksaan teman sesama korp Hakim Tinggi. Andaikata diam dan tidak menyampaikan kebenaran yang ada, aparatur pengadilan agama akan senantiasa bergelimang dalam kesalahan bekerja.

     Situasi dan kondisi yang sedemikian itulah yang menjadi salah satu faktor pendorong kepada penulis untuk menyusun tulisan ini. Suatu harapan selanjutnya, adalah memperoleh tanggapan dan masukan tertulis untuk penyempurnaan lebih lanjut. Tulisan ini sama sekali tidak diharapkan sebagai penggiring opini, apalagi sebagai pedoman yang menjadi dasar pijak pelaksanaan tugas sehari-hari. Akan tetapi sekedar mengisi waktu senggang untuk menyampaikan pengalaman, barangkali bermanfa’at.

     download                           Teknis Pemeriksaan Dokumen dan Minutasi Berkas Perkara

 

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya

 

Tautan Aplikasi